Tutorial Lengkap: Cara Menggunakan Sing! Karaoke by Smule di HP Android (Tips2: Cara Sinkronisasi, Cara Menjaring Follower, Cara VIP, dll)

Cara Menggunakan HP Smartphone Android Untuk Karaoke. Seluk Beluk Sing! Smule, Trik Cara Menjaring Banyak Follower, Mengatasi Masalah Sinkronisasi, dan Berbagai Tips Lainnya.

My Smule ID: benykey (Klik disini dan Follow)



 "Sing! Karaoke by Smule" merupakan Aplikasi Karaoke Terbaik untuk HP Smartphone Android saat ini. Memiliki database artis dan lagu yang lengkap (bahkan bisa ditambahkan sendiri), juga memiliki fitur yang lengkap, dari berbagai efek suara, sinkronisasi musik dan vocal, hingga memungkinkan untuk duet dengan pengguna lain, menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu sosial media pertemanan dengan konsep yang baru. Jadi, selain bisa untuk bernyanyi berkaraokean, kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang direkomendasikan oleh Aplikasi ini berdasarkan kesamaan jenis musik maupun teman yang sama. Selain bernyanyi sendirian, kita juga bisa mengundang teman untuk berduet bersama kita atau kita bisa join ke lagu yang telah disiapkan seseorang untuk berduet, nanti akan saya ulas lebih lengkap di bagian bawah.
Sebetulnya aplikasi Sing! Karaoke ini sudah ada sejak lama yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna Mac OS ,iPhone, iPod, dan iPad. Kemudian barulah tersedia untuk android sejak beberapa tahun yang lalu namun baru akhir-akhir ini kembali booming sejak ada pemberitaan di media tentang video seorang pengguna Smule yang berduet dengan Jessie J menyanyikan lagu Flashlight dengan sangat baik.
Nah, bagi para pembaca yang ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi ini, berikut ini saya persembahkan tutorialnya secara lengkap... Namun tutorial ini lebih saya fokuskan untuk para pengguna Android.
Kemudian, bagi para pembaca yang sudah menggunakan aplikasi ini, boleh dong follow saya di http://www.smule.com/benykey , buat nambah-nambah teman. Kebetulan saya juga masih baru...


Perbedaan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android dan Apple (iPhone, iPod, iPad, Mac OS)


Singkat saja, perbedaan yang paling menonjol adalah dalam hal fitur. Sudah pasti aplikasi untuk OS Apple memiliki fitur yang lebih komplit, misalnya saja tersedianya efek mode vocal yang lebih banyak dan lebih baik, dan juga tersedia fitur Video Cover, jadi kita bisa berkaraoke sambil mengambil video aksi kita menggunakan kamera depan iPhone, baik itu untuk bernyanyi sendiri, berduet, maupun Group Performance. Fitur yang cukup menarik, sayangnya belum tersedia untuk HP Android.
(update: Sudah tersedia di hampir semua Smartphone Android, walaupun belum semuanya).
Kemudian apabila Anda melakukan kesalahan saat bernyanyi menggunakan iPhone dan ingin mengulang, maka Anda hanya mengulang bagian terakhir dimana Anda melakukan kesalahan tersebut. Berbeda dengan android dimana apabila Anda melakukan kesalahan dan ingin mengulanginya maka Anda harus mengulanginya dari awal. Kemudian apabila Anda rekaman menggunakan iPhone, maka Antara suara Anda (input vocal) dan musik sudah pasti pas (sudah pasti sinkron), Anda tinggal melakukan seeting volume dan memilih vocal FX kemudian bisa langsung di save. Berbeda dengan Android, Anda harus melakukan sinkronisasi antara input vocal dan musik. Nah disini banyak pengguna baru yang melewatkan langkah sinkronisasi ini sehingga banyak yang mengeluhkan, "kok suaraku kecepetan ya", "kok suaraku udah muncul duluan padahal musiknya belum dimulai", "kok ketukannya tidak pas ya", "kok suaraku ketinggalan ya padahal musiknya udah dimulai", dan lain sebagainya... Dimana keluhan-keluhan tersebut diikuti dengan kalimat, "Padahal ketika nyanyi udah pas kok hasilnya kayak gini sih...". Nah, inilah masalah serius yang dihadapi oleh para pengguna android. Jangankan kok pengguna baru, para pengguna lama pun masih kesulitan untuk mensinkronkan antara input vocal dan musik. Padahal mereka sudah melakukan proses sinkronisasi, namun setelah di-save kok hasilnya masih belum sinkron. Untuk mengatasi masalah sinkronisasi ini, saya punya solusinya, silahkan Anda baca pada bagian Tips & Trik di bagian akhir artikel ini.
Kemudian pada iPhone, di halaman profil terdapat TAB Favourite (Playlist), TAB ini sangat berguna untuk mempromosikan penampilan atau cover-cover terbaik untuk ditonjolkan, sehingga orang yang mengunjungi halaman profil kita tidak akan bingung seperti ketika membuka TAB Recording (Channels) yang berisi ribuan Covers. Sayangnya TAB ini belum tersedia untuk pengguna Android.
Kemudian perbedaan yang lain adalah... Harga berlangganan Smule untuk user VIP, harganya cukup mencolok, silahkan lihat berbandingannya pada picture di bawah ini, para pengguna Apple dikenai biaya berlangganan jauh lebih mahal. Apa sih maksudnya user VIP? dan apa perbedaannya dengan user biasa (non VIP)? Baca terus sampai selesai ya... Ada kok di bagian bawah... 

Biaya Langganan VIP Smule di Android
Biaya Berlangganan VIP Smule di iPhone

Cara Mendaftar (Registrasi) dan Login Ke Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Ada 3 (tiga) cara yang bisa Anda lakukan untuk registrasi akun Smule, yaitu cara cepat, cara normal, dan Registrasi Melalui Aplikasi Sing! Smule.

1. Cara Cepat, 
Apabila Anda membaca artikel ini menggunakan browser, dan sudah login menggunakan akun facebook..
Caranya, Silahkan klik/kunjungi halaman profil saya berikut ini: LOGIN SMULE 
Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini:


Lalu Anda klik / pilih "Login" atau pilih "+Follow", Anda akan dibawa ke halaman berikut ini:


Kemudian pilihlah "Sign In with Facebook", maka Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi Facebook Anda. Apabila Anda belum login, Anda akan dimintai email dan password Facebook Anda. Klik OK, dan lanjutkan hingga selesai. Maka Anda sudah berhasil membuat Akun Smule secara cepat tanpa harus melakukan konfirmasi melalui email, dan juga Anda sudah otomatis memfollow saya, sehingga Anda sudah bisa Join ke semua lagu Open Call dari saya secara gratis, tanpa harus berlangganan VIP. Silahkan lanjutkan membaca ke bagian "Cara Menggunakan Aplikasi Sing! Karaoka by Smule".

2. Cara Normal,
Caranya hampir sama dengan cara di atas, Silahkan Anda kunjungi www.smule.com, kemudian pilih login, maka Anda akan dibawa ke halaman berikut ini: 


Pilih / Klik pada "New Account", lalu Anda akan dibawa ke halaman registrasi seperti berikut ini:


Pada Bagian Handle silahkan Anda isi dengan username yang akan Anda gunakan, misalnya benykey. Username ini juga akan berpengaruh dengan link alamat profil Smule, sebagai contoh, username saya benykey, maka link halaman profil saya adalah www.smule.com/benykey. gunakanlah username yang pendek dan mudah diingat. Lalu masukkan alamat email yang Anda gunakan, dan juga password smule Anda, passwordnya kalau bisa jangan sama dengan password email ya. Lalu ada kalanya Handle (username) sudah dipakai orang lain. Untuk itu gantilah Handle dengan username yang masih tersedia. Bila sudah berhasil, Anda akan mendapat email konfirmasi. Email tersebut harus Anda buka dan klik pada bagian konfirmasi agar akun Smule Anda segera aktif. Sedikit lebih ribet.

3. Registrasi Melalui Aplikasi Sing! Smule,
Sebetulnya ini adalah cara mendaftar paling mudah apabila Anda tidak sedang membaca artikel ini melalui browser. Anda tinggal menginstal aplikasinya kemudian setelah terinstal Anda bisa registrasi dengan  menggunakan Email, atau Langsung Login menggunakan akun Facebook atau Google+ yang telah aktif di Smartphone Android Anda.

Menginstal Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android

Silahkan install aplikasi Sing! Karaoke by Smule langsung melalui Google Play, atau klik pada link berikut ini biar lebih cepat.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smule.singandroid
Dan apabila Smartphone Android Anda tidak kompatible, silahkan instal secara manual, download file apk-nya melalui link di bawah ini:
Download File Apk Sing! Karaoke by Smule versi 3.1.6.apk..
Setelah terinstal maka akan muncul icon shortcut bergambar mikrofon dengan tulisan Sing! seperti pada gambar di bawah ini:



Perbedaan Pengguna VIP dan Bukan VIP (Non VIP) Pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Sebelum menjadi user VIP, Anda tentu sudah mempertimbangkan biayanya. Karena sebetulnya tanpa harus menjadi pengguna VIP pun Anda sudah bisa bersenang-senang dan bernyanyi gratis dengan cara join Open Call (duet) ke pengguna VIP yang lain. Namun tentu Anda harus sedikit repot (Nanti akan saya beri tahu caranya di bab berikutnya). 
Dengan menjadi pengguna VIP Anda memiliki akses ke semua lagu yang tersedia di aplikasi Sing! Smule, Anda bisa berkaraoke sendiri, atau bisa juga membuat Open Call yaitu panggilan / ajakan duet ke pengguna lain (termasuk yang bukan teman Anda) yang tentunya juga mengetahui lagu yang Anda maksudkan. Open Call tersebut sangat berguna bagi para pengguna lain, khususnya yang bukan VIP. Cara tersebut dapat memancing pengguna lain untuk memfollow Anda agar bisa sering Join Open Call yang Anda buat...
Sebuah keuntungan tentunya dengan menjadi member VIP, apalagi biaya berlangganan menjadi member VIP Sing! Karaoke by Smule untuk pengguna android cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 12.000 per bulan dan Rp. 95.000 per tahun. 
Namun apabila Anda hanya sekedar ingin bernyanyi dan bersenang-senang, cukup Join saja ke Open Call yang tersedia, tanpa harus berlangganan VIP...
Tanpa join ke Open Calls, Anda hanya bisa berkaraoke menyanyikan lagu-lagu yang masuk kategori gratis yang kebanyakan kurang oke...
Selain bisa mengakses semua lagu, pengguna VIP juga memiliki akses mode Studio FX pada bagian editing Vocal FX (efek suara) sebelum lagu disimpan. Bisa Anda lihat berbagai pilihan Vocal FX lain pada gambar di bawah ini. Kalau Anda tidak begitu suka dengan mode efek Studio, masih ada pilihan mode yang lain yang bisa dipakai secara gratis tanpa harus berlangganan VIP. 

Efek Studio Hanya Tersedia Untuk Pengguna VIP

Masih Ada Efek POLISH, POP STAR, INDIE, STAR DUST, dan GRUNGE yang bisa dipakai secara gratis

Cara Berlangganan Menjadi Member/User VIP di Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android

Pertama-tama pilihlah sembarang lagu misalnya lagu pada tab (kategori) Recommended atau VIP only, Lalu saat Anda klik "Sing" maka akses Anda ditolak, lalu Anda akan diarahkan untuk berlangganan VIP, ada 2 pilihan, yaitu per bulan (Rp 12.000) atau per tahun (Rp. 95.000), pilih salah satu. 


Lalu Anda akan diarahkan ke billing servis di Google Play. Apabila Anda sudah pernah membeli aplikasi berbayar di Google Play, maka Anda hanya diminta persetujuan dengan memasukkan password akun Google Anda, karena Anda sudah melakukan pengaturan Billing pada Akun Anda. Tetapi apabila ini adalah untuk pertamakalinya, maka Anda akan dipandu untuk melakukan pengaturan Billing pada akun Anda, bisa menggunakan Kartu Kredit maupun Paypal. Apabila Anda pengguna kartu XL atau Axis, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara pemotongan pulsa sebesar biaya yang dipakai untuk berlangganan. Lanjutkan hingga selesai...



Yang Perlu Dilakukan Pertamakali Setelah Membuat Akun Smule dan Menginstal Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Silahkan Anda jalankan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule yang telah Anda instal. Kemudian Login menggunakan akun yang sudah Anda buat atau melakukan registrasi (apabila belum memiliki akun Smule). Setelah Anda berhasil Login, pertama kali yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan Setting akun dan Setting Profil. Klik pada tiga buah titik pada bagian atas (tepat di bawah jam) sehingga muncul menu Settings, Smule Apps, dan Help.

Kemudian Anda pilih Setting. Maka Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa parameter pengaturan seperti terlihat di bawah ini.


Klik pada bagian foto untuk mengupload foto yang akan dijadikan foto profil Anda.
Kemudian pada bagian "Personal Message" bisa Anda isi semisal "Saya suka musik dangdut, yang hobby dangdut follow saya dong" atau "Suara saya jelek, tapi saya suka bernyanyi untuk bergembira", atau bisa tulisan lainnya..
Kemudian pada sosial setting, Silahkan Anda aktifkan, klik login ke Facebook, kemudian Twitter , lalu Google+. Pengaturan ini berguna saat Anda hendak membagikan (share) secara cepat rekaman yang Anda buat.
Pada Bagian Login Info, Anda bisa mengganti alamat email, mengganti username, dan mengganti password. Jangan lupa untuk meng-klik Submit Changes...
Setelah Selesai melalukan pengaturan profil, kini Anda sudah siap untuk berkaraoke Ria, namun ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tampilan user interface aplikasi Sing Karaoke by Smule ini.

Mengenal User Interface (Antar Muka) Aplikasi Sing! Karaoke by Smule pada Android

Setiap kali membuka aplikasi Sing! Karaoke by Smule (untuk selanjutnya cukup saya tulis 'Sing!') kita langsung masuk pada tab menu Sing!, artinya setiap kita masuk kita dianggap akan bernyanyi. Dalam Tab Sing tersebut ada pilihan Lagu-lagu yang masuk kategori 'Recommended' , 'Top Hits' , Community', dan yang lainnya seolah menjadi menu utama padahal bukan, itu hanyalah Sub Menu, sedangkan menu utamanya adalah Tab Sing. Sebetulnya ada 5 Tab utama pada aplikasi Sing! ini (pada Android), Yaitu Tab Feed, Tab Listen, Tab Sing, Tab Notifications, dan Tab Profile. Silahkan Anda lihat pada gambar di bawah ini, perhatikan letak kelima Tab tersebut yang berada di bagian bawah tampilan aplikasi...


Pada Gambar di atas, di Bagian Bawah terdapat 5 Tab utama, yaitu... dari kiri ke kanan: 
1. Tab Feed, yang diwakili oleh ikon bergambar dua orang berjejer, 
2. Tab Listen, yang diwakili oleh ikon bergambar Headphone, 
3. Tab Sing, yang diwakili oleh ikon bergambar mic (mikrofon), 
4. Tab Notification, yang diwakili oleh ikon bergambar lonceng, dan 
5. Tab Profile, yang diwakili oleh ikon bergambar Orang setengah badan..

Berikut ini adalah penjelasan tiat-tiap Tab Utama pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android:

1. Tab Feed


Seperti halnya facebook yang memiliki Tab 'Berita Terkini', Twitter yang memiliki 'Timeline', atau Blackberry Messenger yang memiliki 'Recent Updates', Aplikasi Sing! Karaoke juga memiliki hal serupa yang bernama Feed. Pada Tab Feed ini kita akan mendapatkan laporan terbaru dari orang-orang yang kita follow, misalnya saat dia menyukai (memberi like) atau mengomentari sebuat rekaman, saat dia membuat rekaman baru, saat dia Join pada sebuah rekaman, dan berita lainnya... Info tersebut berguna bagi kita karena selain kita bisa ikutan nimbrung, atau sekedar ikut menyukai, kita juga bisa ikutan Join apabila ada lagu yang kita suka... Nah pada Tab Feed ini juga ada ikon untuk mencari (menambahkan) teman. Perhatikan Gambar di atas, Pada bagian atas sebelah kanan, di bawah petunjuk jam, ada ikon 2 orang berdampingan dengan tanda plus di sampingnya. Klik ikon tersebut untuk menambahkan teman...

Cara Menambahkan Teman Facebook pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas (lihat Gambar di Atas) maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.


Kemudian Klik pada Facebook Friends... maka akan nampak seperti pada gambar di bawah ini:


Silahkan Anda tambahkan (follow) beberapa teman Anda sudah bergabung atau memiliki Akun Sing! Smule. Anda juga bisa mengundang teman lain untuk mendownload dan bergabung ke Smule.

Cara Mencari (Menambahkan) Teman Sing! Karaoke Menggunakan ID Username Yang Sudah Diketahui

Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas (lihat Gambar di Atas) maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.


Klik pada ikon Search (gambar kaca pembesar) maka akan tampak seperti gambar di bawah ini: 


Kemudian silahkan Anda ketik (masukkan) username yang akan Anda cari, misalnya benykey, setelah ketemu, silahkan Anda klik, maka Anda akan masuk ke halaman profilnya, yang kemudian bisa Anda follow atau sekedar mendengarkan beberapa rekamannya.




 2. Tab Listen


Namanya juga Tab Listen, pasti gunanya buat mendengarkan. Ya... pada Tab Listen ini kita disuguhi banyak rekaman, baik itu rekaman solo (sendirian) maupun duet. Kadang kita lagi gak mood untuk bernyanyi, dan hanya ingin sekedar mendengarkan rekaman terbaik dari para pengguna Sing! di seluruh dunia.
Sebetulnya Tab Listen pada aplikasi Sing! ini dibuat untuk menampilkan rekaman-rekaman terbaik, karena para pengguna yang membuka Tab Listen ini pastinya ingin mendengarkan suatu rekaman yang keren kan?, rekaman yang keren yaitu ditandai dengan banyaknya jumlah Play atau Jumlah Love, sehingga yang ditampilkan dalam Tab Listen tersebut kebanyakan memiliki jumlah Play ataupun Love yang banyak. Logikanya, semakin banyaknya love atau Play maka kemungkinan besar penampilannya bagus, dan banyak diputar. Namun kenyataannya tidaklah demikian, banyak yang tidak sesuai harapan, dan ada yang aneh, yaitu, jumlah Play dan Love ada yang terlihat janggal. Sebagai contoh, Jumlah Play hanya 100, tetapi jumlah Love mencapai 500 lebih. Dimana letak keanehannya??? begini... untuk memberikan Love, kita harus mendengarkan rekaman tersebut terlebih dahulu, setelah itu barulah kita beri love. Nah, apabila ada rekaman yang memiliki jumlah Play 100 artinya rekaman tersebut hanya dimainkan (didengarkan) sebanyak 100 kali, sehingga jumlah love maksimal seharusnya ada 100. nah, kalau jumlah love-nya mencapai 500, berarti yang 400 adalah penilaian yang tidak fair karena memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu, dan entah bagaimana caranya bisa memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu. Akhirnya... berkali-kali saya kecelek, niatnya pengen ndengerin rekaman keren, saya coba listen pada rekaman yang memiliki jumlah love ratusan hingga ribuan,  setelah saya dengarkan... Ancur Gan... sampai ngakak saya... lebih bagusan suaranya si Doraemon nyanyi... dan itu tidak hanya satu rekaman, tetapi ada banyak.. setelah saya perhatikan, ternyata jumlah Play-nya hanya puluhan. Saat itu saya mulai merasa ada yang janggal, dan kapok... Gak pernah lagi saya masuk Tab Listen... mending ndengerin rekamannya teman atau temannya teman...
Walaupun tidak semuanya demikian, ada banyak juga sih yang masuk Tab Listen memiliki rekaman yang keren dan enak untuk didengarkan, namun yang suaranya ancur dan terlihat janggal jumlahnya juga tidak sedikit. Silahkan Anda coba sendiri dan perhatikan, pasti Anda juga akan ngakak...

3. Tab Sing


Pada Tab Sing ini kita disuguhi berbagai lagu yang masuk ke dalam kategori-kategori tertentu, lagu-lagu tersebut tidak semuanya bisa dinyanyikan oleh pengguna non VIP, namun ada banyak pula yang bisa dinyanyikan secara gratis tanpa harus berlangganan VIP... Kategori-kategori tersebut antara lain:
Recommended: berisi lagu-lagu yang direkomendasikan ke kita, berdasarkan kemiripan dan kesamaan penyanyi dari lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan, atau lagu-lagu rekomendasi dari orang yang kita follow. 
Top Hits: Berisi Lagu-lagu yang paling-sering dinyanyikan alias populer di kalangan pengguna Sing! Smule.
Community: Berisi lagu-lagu yang sedang tren di komunitas tertentu (Saya sendiri kurang begitu paham).
New: Berisi kumpulan lagu-lagu yang baru direlease atau diunggah (diupload) ke database Sing! Smule. Bukan berarti lagu baru lho... tetapi lagu yang baru masuk, misalnya saja Lagu Barbie Girl dari Aqua, itu lagu udah dari tahun 1997, tapi masuk kategori New karena baru masuk ke databasenya Sing Smule.
Free: Kumpulan lagu-lagu yang bisa dinyanyikan secara gratis oleh para pengguna non VIP,
Partner Artist: Berisi lagu-lagu dari para artis yang bekerjasama dengan Smule, artisnya asli lho... dan suaranya juga asli suara mereka, karena mereka (para artis) yang bekerjasama dengan Smule juga memiliki akun Smule, jadi kita bisa nyanyi duet bareng sama mereka. banyak yang free, jadi gak harus jadi member VIP.
Kids: Berisi kumpulan lagu anak-anak (dalam bahasa Inggris), International Nursary Songs
Classics: Berisi kumpulan lagu-lagu jadul.
Soundtracks: Berisi kumpulan lagu-lagu yang menjadi sountrack film Box Office terkenal.
K-Pop: Berisi kumpulan lagu-lagu korea.
VIP-Only: Berisi lagu-lagu yang hanya bisa dinyanyikan oleh pengguna yang berlangganan VIP.
All Songs: Berisi semua lagu yang ada dalam database Sing Smule dari A sampai Z...
Dan Aneka kategori Genre seperti Pop, Hip Hop, Rock, R&B, dan Country.

Pada daftar lagu, silahkan Anda klik pada bagian gambar thumbnail untuk mendengarkan cuplikan musiknya, atau langsung Anda klik kotak Sing di sebelah Judul Lagu untuk langsung bernyanyi berkaraoke Ria..
Apabila Anda ingin mencari Judul Lagu atau Penyanyi tertentu, Anda bisa klik ikon Search pada bagian atas (ikon gambar kaca pembesar), lalu ketikkan nama penyanyi atau judul lagu yang Anda cari, misalnya saja Anda ketik Glenn Fredly, maka akan muncul semua lagu yang dinyanyikan oleh Glenn, dan pilihlah lagu yang akan Anda nyanyikan...




4. Tab Notifikasi

Tab Notifikasi berisi pemberitahuan apabila Ada aktivitas yang berkaitan dengan kita atau apabila ada undangan Duet (Open Call).
Pada Tab Notifikasi, Terbagi menjadi 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Activity Dan Sub Tab Invites...

Sub Tab Activity

Sub Tab Activity berisi pemberitahuan apabila ada aktivitas pengguna Sing Smule yang berkaitan dengan akun kita, misalnya... :
Apabila ada yang menyukai (memberi love) atau berkomentar pada rekaman kita (baik solo maupun duet),
Apabila ada yang mem-follow kita,
Apabila ada yang Join (bergabung untuk berduet) pada Open Call yang kita buat, 
Apabila ada yang menyebut kita (mention) dalam sebuah komentar (walaupun komentar tersebut bukan pada rekaman kita), dalam Invitation (Undangan Berduet), dan Personal Message pada halaman profilnya...


Sub Tab Invites

Sub Tab Invites pada aplikasi Sing! Karaoke by Smule ini berisi notifikasi apabila ada yang mengundang Open Call (mengajak berduet). Sub Tab Invites ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Public Invites dan Direct Invites


Pada gambar di atas adalah contoh Public Invites, kita tidak perlu begitu ambil pusing apabila kita mendapat notifikasi Public Invites ini, karena undangan berduet tersebut tersebar secara umum ke semua teman (follower) si pengundang. Jadi, kalau kita mau nyanyi dan tahu lagunya maka kita bisa join (menanggapi dengan bernyanyi), tapi kalau kita gak tahu lagunya atau pas lagi gak ada mood untuk bernyanyi, ya abaikan saja... Gak masalah...
Pada notifikasi ini kita juga mendapatkan rekomendasi Open Call dari pengguna lain yang tidak kita follow. Aplikasi Sing! merekomendasikan Open Call tersebut berdasarkan lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan sebelumnya. Notifikasi ini tidak muncul dalam notifikasi yang sebenarnya, namun rekomendasi Open Call ini hanya muncul saat kita kita membuka Notifikasi Public Invite, itu pun letaknya di bagian bawah.


Nah, pada gambar di atas adalah contoh Direct invite. Direct Invite adalah fitur atau aturan main dimana seorang follower bisa mengundang orang yang difollownya. Fitur ini sebetulnya sangat menarik apabila setiap pengguna bisa memahami situasi yang sebenarnya. Saat Anda memfollow seseorang dan melakukan Direct Invite untuk mengundangnya berduet dengan Anda, sadarilah bahwa orang yang Anda follow tersebut bisa saja memiliki ratusan hingga ribuan Direct Invite pada saat bersamaan yang tidak mungkin bisa ditanggapi satu per satu. Jadi harap Anda maklumi apabila dia tidak menanggapi undangan Anda. 
Orang yang melakukan Direct Invite untuk Anda sudah pasti dia adalah Follower Anda. Hanya dengan melakukan beberapa klik atau mencentang langsung username Anda maka Anda akan memperoleh notifikasi undangan Direct Invite. Logikanya sih seharusnya Anda bisa mengabaikan undangan tersebut karena yang mengundang adalah follower kita. Namun terkadang ada rasa sungkan dan tidak enak hati kalau tidak menanggapinya...
Sebagai contoh pada gambar di atas saya mendapatkan Direct Invite dari seseorang yang sepertinya penyanyi profesional (terlihat dari jumlah followernya yang ribuan). Padahal lagunya yang berjudul "Yesterday", saya tidak begitu menguasai, dan tipe vocal saya tidak cocok dengan lagu tersebut. Tetapi saya berusaha mempelajarinya dan kemudian Join.... Hasilnya???   bener-bener ancurrrr.... hahaha, tidak apa-apa, yang penting saya sudah berusaha...
Silahkan baca lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan fitur Direct Invite ini pada Sub Bab "Tips Menjaring Follower" di bagian akhir artikel ini.


5. Tab Profil

Inilah Tab yang paling sering kita buka. Tab Profil ini menampilkan tentang profil kita sebagai pengguna Sing! Karaoke. Halaman Profil inilah yang sedikit menentukan seberapa besar kemungkinan orang akan memfollow kita setelah mengunjungi profil kita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang yang membuka profil kita. Yaitu melihat foto profil kita, melihat username kita, melihat jumlah follower dan following,  Membaca pesan singkat, dan yang paling penting adalah mendengarkan beberapa rekaman kita pada Sub Tab Recording (sekarang jadi Channel). Apabila suaramu dirasa keren, maka tak segan-segan dia akan memfollow kita dengan harapan bakalan bisa duet nyanyi bareng. Setelah itu barulah dia akan membuka Sub Tab Open Calls (sekarang jadi Invites), dan mencari lagu yang mungkin ada yang dia suka. Beruntunglah kalau dia sampai Join di salah satu Open Calls yang kamu buat.
Untuk itu, pasanglah foto dan Pesan singkat semenarik mungkin... 



Tab Profil umumnya memiliki 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Recording (Channel) dan Sub Tab Open Call (Invites). Namun ada juga halaman Profil yang memiliki Sub Tab Songs, seperti milik saya pada gambar di atas. Sub Tab Songs Muncul apabila akun tersebut pernah menyumbang (upload) lagu ke database Sing! Smule.

Sub Tab 'Recording' (update: Sekarang 'Channel')


Gambar di atas adalah Sub Tab Recording, berisi semua rekaman yang pernah kita buat, baik itu rekaman kita sendiri, Open Call yang kita buat, maupun rekaman hasil dari kita Join ke Open Call orang lain.

Sub Tab 'Open Calls' (update: Sekarang 'Invites')


Yang dimaksud dengan Open Call adalah ajakan untuk berduet bagi siapa saja yang mau. Duet disini bukan berarti nyanyinya bareng dalam waktu yang bersamaan. Repot kalau gitu mah harus janjian dulu... Tapi duet disini bernyanyi secara terpisah. Orang yang membuat Open Call (mengajak Duet) akan menyanyikan bagiannya terlebih dahulu yang kemudian di save dan ditampilkan dalam Sub Tab Open Calls ini. Setelah membuat Open Call akan ada pilihan untuk melakukan undangan ke semua follower atau undangan melalui Direct Invite ke orang-orang yang kita follow. Orang yang diundang tersebut akan mendapatkan notifikasinya. Sehingga ada tiga cara untuk Join ke Open Call, yaitu melalui undangan (Baik Direct maupun Public), melalui kunjungan profil, dan melalui Sing (nanti akan saya jelaskan lebih lanjut). Dua pilihan terakhir menjadikan kita sebagai tamu tak diundang, si pembuat Open Call akan terkejut apabila tiba-tiba ada yang Join selain Followernya. Tak masalah, justru dia akan senang...
Pada Sub Tab Open Calls ditampilkan semua Lagu ajakan untuk berduet. Apabila kita mengunjungi profil orang lain, kita bisa langsung join atau melihat dahulu penampilan dari beberapa orang yang sudah Join sebagai pembanding, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Lagu-lagu pada Tab Open Calls (Invites) akan menghilang dari tab tersebut apabila sudah Closed (sudah tidak aktif), Namun kita masih bisa menemukannya pada Tab Recordings (Channel). Lagu-lagu yang Open memiliki masa aktif tertentu tergantung siapa yang membuatnya. Apabila yang membuat Open Call adalah pengguna biasa maka hanya akan memiliki masa aktif selama 2 hari, sedangkan apabila pembuatnya adalah member VIP maka akan memiliki masa aktif selama 7 hari. Dan apabila pembuatnya adalah Artis yang bekerjasama dengan Smule, bisa memiliki masa aktif hingga 1 tahun.


 Sub Tab Songs

 

Sub Tab Songs ini hanya akan muncul apabila kita pernah mengupload lagu ke database Sing! Smule, dan lagu tersebut akan ditampilkan pada Sub Tab Songs sebagai penghargaan dari kontribusi kita...


Demikianlah penjelasan lengkap tentang User Interface aplikasi Sing! Karaoke by Smule. Setelah menguasai aplikasinya, kini waktunya untuk beraksi alias bernyanyi... Apabila Anda kesulitan menggunakan aplikasinya, berikut ini adalah panduan lengkapnya...


Cara Bernyanyi Karaokean Menggunakan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di HP Android

(Saya anggap Anda sudah membaca semua petunjuk pada bagian sebelumnya)
Silahkan pilih lagu yang akan Anda nyanyikan, misalnya 'Kasih Putih' atau 'Bingo' yang gratisan. Anda klik pada kotak Sing di sebelah judul lagu. Kemudian akan muncul pilihan seperti terlihat pada gambar berikut:


1. Solo

Ada banyak pilihan, tetapi sebagai tahap awal untuk belajar, silahkan Anda pilih "Solo" yang artinya Anda akan bernyanyi sendirian. Lalu nyanyikan hingga selesai...


Setelah selesai bernyanyi, Anda akan masuk ke bagian editing, seperti pada gambar di bawah ini...




Pada bagian editing, Anda bisa memilih berbagai efek vokal yang tersedia, seperti terlihat pada dua foto di atas. Ada POLISH, POP STAR, STUDIO, INDIE, STAR DUST, dan GRUNGE... Khusus untuk FX STUDIO hanya bisa digunakan oleh member yang berlangganan VIP.
Pada bagian ini, Anda juga bisa mengatur Volume vocal Anda agar seimbang dengar musiknya, jangan sampai suara vocal terlalu keras atau terlalu kecil...
Ada kalanya vocal Anda tidak sinkron dengan musiknya, misalnya suara Anda lebih cepat daripada musiknya, atau suara Anda sedikit terlambat dari musiknya. Hal tersebut bisa Anda perbaiki dengan meng-klik pada Tulisan 'Vocal Out Of Sync?' (lihat pada gambar di atas). Maka akan muncul slider yang berfungsi untuk memajukan atau memundurkan vocal beberapa milisecond, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Silahkan Anda coba geser-geser slider tersebut untuk mensinkronkan antara vocal dan musik. Sebetulnya ini adalah fitur yang berguna, namun sayangnya masih ada kesalahan dan ini dikeluhkan oleh banyak pengguna. Pada saat sinkronisasi sudah pas, namun pada saat setelah di-save hasilnya suara vocal lebih cepat daripada musiknya atau sebaliknya. Solusinya, untuk mengatasi masalah sinkronisasi vocal dan musik pada aplikasi Sing! Smule ini, silahkan Anda baca Tipsnya di bagian akhir artikel ini.

Cara Mengganti Tampilan Cover (Foto) Rekaman Lagu pada Sing! Karaoke by Smule

Anda juga bisa mengganti cover rekaman yang Anda buat dengan foto yang Anda inginkan. Setelah melakukan editing dan save, Anda akan masuk ke bagian Customize. Pada bagian ini, Klik pada thumbnail foto, maka akan muncul pilihan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Anda bisa memotret langsung atau bisa juga menggunakan foto yang ada di Galery Anda. Setelah itu, Anda juga bisa memberi keterangan singkat mengenai rekaman yang baru saja Anda buat, misalnya , "Lagu Anak2 ini mengingatkanku padamu.." seperti terlihat pada gambar di bawah ini...


Anda juga bisa menentukan apakah rekaman Anda tersebut dapat terlihat oleh publik (gambar di atas) atau hanya Anda sendiri yang bisa melihat rekaman tersebut (gambar di bawah)


Setelah selesai dengan kustomisasi, silahkan Anda save. Maka Anda akan masuk pada bagian share... Seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Aktif kan Facebook atau Twitter, atau keduanya untuk membagikan rekaman tersebut ke teman-teman Anda di Facbeook dan follower Anda di Twitter. Anda juga bisa membagikannya langsung melalui Line, Messenger, SMS, atau mendapatkan link-nya untuk keperluan tertentu...



2. Duet


Cara penggunaannya sama persis seperti bernyanyi Solo. Bedanya, saat Anda memilih mode Duet, Anda hanya akan menyanyikan lirik yang menjadi bagian Anda (Part 1 atau Part 2), sementara Part Lain sisanya untuk dinyanyikan pengguna lain yang nantinya akan join ke Open Call yang Anda buat. 
Nyanyikan Lagu hingga selesai, Save, lakukan kustomisasi seperti pada bagian Solo di atas, kemudian Invite semua follower Anda untuk join pada Open Call yang baru saja Anda buat. Anda bisa juga melakukan Direct Invite ke orang-orang yang Anda follow... 
Hasil rekaman Anda akan muncul pada Sub Tab Open Calls pada halaman profil Anda. Berbeda dengan rekaman Solo yang sudah tidak bisa diutak atik, Rekaman Open Call hanya berisi Suara Anda, sehingga bisa menghasilkan banyak kombinasi tergantu seberapa banyak pengguna yang Join ke Open Calls yang Anda buat.

3. Group

Group juga merupakan Open Calls pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule, yaitu mengajak orang untuk bergabung, bernyanyi bersama-sama. Bedanya dengan Duet, kalau duet setiap ada orang yang Join maka akan menghasilkan rekaman tersendiri secara terpisah. Misalnya saja saya, benykey membuat Open Call lagu "Yesterday", saat ada yang Join misalnya si A, maka akan mengasilkan rekaman baru dengan Judul "Yesterday" dinyanyikan oleh benykey + A, begitu juga saat si B Join, akan menghasilkan rekaman baru dengan judul "Yesterday" dinyanyikan oleh benykey + B, begitu seterusnya, setiap aja yang join akan menghasilkan rekaman yang baru...
Nah, pada mode Group ini, semua orang yang Join akan ditumpuk menjadi sebuah rekaman tunggal. Misalkan saya membuat Open Call Group lagu Yesterday. Saya rekam suara saya. Ketika ada yang Join, misalnya si A, maka rekaman tersebut akan tertumpuk yang tadinya hanya ada suara saya namun pada rekaman yang baru ada tambahan suara si A, begitu juga saat si B ikutan Join, maka pada rekaman terakhir akan ada tambahan suara si B, sehingga totalnya ada 3 suara, yaitu suara saya, suara si A, dan suara si B.... begitu pula seterusnya... Cukup jelas ya....


Cara Join Ke Open Call (Invites) Agar Bisa Karaokean Gratis Pakai Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Seperti yang saya janjikan pada bagian sebelumnya, ada 3 cara untuk Join ke Open Call. Yaitu, melalui undangan, melalui kunjungan profil, dan melalui Sing... Melalui Undangan dan melalui kunjungan profil sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya. Kini akan saya jelaskan cara Join Open Call melalui Sing... Silahkan Anda cari lagu yang ingin Anda nyanyikan sesuai pilihan Anda, Lalu klik 'Sing". Perhatikan Gambar di bawah ini... Saat Anda melakukan sing, pilihlah "Join The Others Open Calls pada bagian bawah"


Maka akan ada list Open Calls dari semua pengguna Sing! Smule yang membuat Open Call pada lagu tersebut, dan orang-orang tersebut kemungkinan besar tidak ada yang Anda kenali. Silahkan Anda pilih dari list tersebut yang suaranya bagus dan enak untuk diajak duet atau sesuai selera Anda, Anda bisa memutarnya satu per satu. Setelah itu Anda bisa langsung Join atau terlebih dahulu masuk ke halaman profilnya untuk melihat rekaman dari beberapa orang yang sudah join yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai pembanding...

Cara Memberikan / Invite Free Solo (Bernyanyi Sendiri) Secara Gratis Kepada Pengguna Non VIP di Aplikasi Sing! Karaoke By Smule

Apabila Anda bukan member VIP, namun ingin bernyanyi karaokean sendirian secara gratis tanpa harus berduet, Anda bisa menggunakan cara ini. Syaratnya... Anda harus memiliki seorang teman VIP yang telah Anda follow dan dia mau berbaik hati membuatkan Open Call solo buat Anda. Apabila dia tidak tahu caranya, silahkan Anda menyuruhnya untuk membaca langkah-langkah di bawah ini:
  • Pilih lagu yang akan dibuat Free Solo;
  • Klik Sing lalu pada pilihan Solo, Duet, Group, pilihlah Duet;
  • Tunggu hingga loading penuh dan siap untuk bernyanyi;
  • Ketika sudah siap, biarkanlah musik mengalun sendiri, Jangan bernyanyi ya... sehingga akan didapatkan Open Call yang hanya ada musik saja, sehingga setiap orang yang Join bisa bernyanyi Solo secara gratis...
  • Tidak perlu menunggu hingga musik selesai. Cukup 30 detik musik mengalun, bisa langsung di-Save... Turunkan Volume Sekecil Mungkin...
  • Catatan: Hampir semua lagu bisa dibuat Free Open Call, terutama lagu-lagu Indonesia sudah pasti semuanya bisa. Namun ada beberapa lagu yang khusus untuk VIP dan tidak bisa digunakan oleh pengguna biasa, misalnya lagu Thubtumper - Chumbawamba, Yang bisa nyanyi solo cuma member VIP, dan yang bisa join di Open Call juga hanya VIP....

Cara Menjadi VIP Secara Gratis Sing! Karaoke by Smule

Pasti keyword ini banyak dicari di google. Memang ada celah untuk menjadi member VIP secara gratis di aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android. Saya menemukan cara tersebut bahkan secara tidak sengaja. Dan kemungkinan bakalan banyak orang yang akan menemukan cara tersebut juga secara tidak sengaja. Namun saya tidak akan membagikan cara tersebut. Saya menghargai ide dan kreatifitas developher Smule yang sudah bekerja keras untuk menciptakan aplikasi luar biasa ini. Bahkan walaupun saya mengetahui cara untuk menjadi member VIP secara gratis, saya tetap membayar untuk menjadi member VIP, lagian biaya berlangganannya tidaklah mahal-mahal amat bila dibandingkan dengan apabila kita mengunjungi tempat-tempat Karaoke sungguhan. Lagian  ada banyak keuntungan yang kita peroleh selain berkaraoke, di aplikasi ini kita juga bisa mendengarkan ulang hasil karaoke kita yang tersimpan di server Smule. Kita juga bisa mendapatkan teman-teman dari seluruh penjuru dunia yang bisa mendengarkan rekaman kita....

Tips Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Antara Suara Vocal dan Musik

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, masalah utama sebagian besar para pengguna Sing! Smule di Android adalah masalah sinkronisasi antara suara vokal dan musik. Saat rekaman (saat nyanyi) sudah pas, tetapi setelah di-save tiba-tiba menjadi tidak sinkron, padahal sudah melalui tahapan sinkronisasi (apalagi yang tidak melakukan sinkronisasi). Ada yang suara vocalnya terdengar lebih awal, ada juga yang suara vokalnya terdengar terlambat, sehingga ketukannya menjadi tidak pas. Padahal saat Anda bernyanyi sudah pas. Bahkan pada saat melakukan proses sinkronisasi juga sudah pas, tetapi jadi berubah setelah di-save. Berikut ini tips dari saya untuk mengatasi masalah sinkronisasi tersebut.
Pertama-tama silahkan Anda bereksperimen dengan bernyanyi menggunakan lagu yang temponya tinggi seperti 'Basketcase - Greenday', mengapa harus yang temponya tinggi? karena dengan tempo tinggi akan lebih terlihat ke-tidaksinkron-an dalam periode mili detik sehingga mudah untuk dikoreksi Sedangkan apabila menggunakan lagu bertempo lambat seperti "My Heart Will Go On' maka apabila suara vokal lebih cepat atau lebih lambat 1 detik pun tidak akan begitu terasa, sehingga sulit untuk dikoreksi. 
Setelah Anda bernyanyi, silahkan Anda pilih efek (FX) yang Anda suka, saran saya gunakanlah FX Indie atau FX Polish. Kemudian pada bagian bawah pilihan FX ada tulisan "Vocal Out Of Sync?", silahkan klik tulisan tersebut sehingga muncul pengaturan sinkronisasi vocal. Mainkan musik lalu silahkan Anda geser-geser ke kanan atau ke kiri cursor (pointer) pada pengaturan sinkronisasi tersebut. Apabila suara vocal terdengar terlambat (ketinggalan) maka geser cursor (pointer) ke arah kiri atau klik arah panah kiri beberapa kali hingga pas. Begitu juga sebaliknya, apabila suara vocal terdengar lebih awal daripada musik maka geser cursor (pointer) ke arah kanan beberapa kali hingga pas. Saran saya gunakanlah klik daripada menggeser cursor (pointer), karena dengan menggunakan klik kita bisa menghitung berapa kali klik saat mensinkronkan hingga tepat sinkron. Setelah Anda merasa suara vocal dan musik sudah benar-benar sinkron, silahkan Anda klik "Lanjutkan" lalu simpan. Anda jangan merasa senang dulu, ini barulah langkah permulaan. Sekarang coba Anda dengarkan hasil rekaman Anda tadi, apabila memang sudah benar-benar pas maka saya ucapkan selamat kepada Anda karena kok kebetulan sekali HP Anda punya sinkronisasi yang pas dengan Smule. Padahal umumnya yang terjadi adalah... hasil rekaman pasti tidak pas, ada yang suara vocalnya lebih cepat dan ada pula yang suara vocalnya ketinggalan. Nah, berikut ini adalah tips yang akan saya berikan untuk mengatasinya. Saya ambil contoh, ketika saya masih menggunakan HP LG G4, yang terjadi adalah suara vocal saya ketinggalan sepersekian detik oleh musik. Saya bereksperiment menyanyikan lagu 'Basketcase' hingga 3 kali. 
Yang pertama kali, saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 2x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Setelah saya save hasilnya adalah suara vocal saya masih terdengar terlambat, namun hanya terlambat sepersekian detik, kecil sekali, sehingga saya mengulangi dengan eksperiment kedua...
Yang kedua kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 3x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Setelah saya save hasilnya adalah suara vocal saya masih terdengar terlambat sepersekian detik, namun sangat kecil sekali, nyaris terdengar sudah sinkron, namun berkat kejelian saya, saya masih merasa kurang sinkron sehingga saya mengulangi dengan eksperiment ketiga...
Yang ketiga kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 4x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Dan setelah di-save, hasilnya sangat akurat... Tepat sinkron dengan menambahkan 4x klik ke arah kiri...
Silahkan Anda praktekan eksperiment saya tersebut pada HP Anda. Kalau saya hanya mencoba 3x ekperimen, mungkin Anda bisa saja mengulang hingga puluhan kali untuk mendapatkan jumlah klik yang paling tepat sinkron. Sebagai contoh, saat saya menggunakan HP Oppo R7s, saya bahkan ber-experiment hingga 8 kali untuk mendapatkan jumlah klik yang tepat, yaitu 6x klik ke arah kanan. 
Ketika Anda sudah menemukan jumlah klik yang paling tepat untuk HP Anda, entah itu ke arah kanan atau kiri, silahkan Anda catat agar tidak lupa saat akan melakukan rekaman selanjutnya...
Eits... jangan senang dulu, masalah belum sepenuhnya terselesaikan. Jumlah klik yang Anda catat tersebut hanya bisa diterapkan apabila Anda hendak bernyanyi Solo atau membuat Open Call (undangan nyanyi). Sedangkan ketika Anda hendak join ke suatu Open Call, setingannya berbeda... silahkan Anda lakukan eksperiment seperti di atas untuk memperoleh jumlah klik yang paling tepat sinkron untuk join ke Open Call, lalu Anda catat. Sebagai contoh catatan saya:

HP LG G4
Solo / Bikin Open Call - 4x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - 1x Klik ke arah kiri

HP Oppo R7s
Solo / Bikin Open Call - 6x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan

Selesaikah? Ternyata belum... Apabila Anda menggunakan Headset yang berbeda, maka settingannya juga berbeda, sehingga Anda harus ber-eksperiment lagi dan membuat catatan lain. Sebagai contoh catatan saya:

HP LG G4 (Headset Bawaan)
Solo / Bikin Open Call - 4x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - 1x Klik ke arah kiri

HP LG G4 (Headset Plantronic Backbeat Pro)
Solo / Bikin Open Call - 2x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - tanpa Klik, sudah tepat sinkron

HP Oppo R7s (Headset Bawaan)
Solo / Bikin Open Call - 6x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan

HP Oppo R7s (Headset Razer Kraken Pro)
Solo / Bikin Open Call - 5x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan

Masalah sepenuhnya terselesaikan... Semoga dapat membantu masalah Anda...


Tips Cara Mendapatkan Banyak Follower di Sing! Smule

Sebelum membahas lebih jauh, perlu dicatat ya bahwa Follower dan Following di Sing! Smule tidak bisa direkayasa dengan cara apapun seperti pada Facebook, Twitter, atau Instagram yang bisa direkayasa dengan berbagai software bot namun dengan resiko akun Anda kena suspen (dibekukan). Jadi jangan sekali-sekali merekayasa akun-akun tersebut.
Kembali ke topik ya... Ketika seseorang (pengguna Sing! Smule) memiliki jumlah follower yang banyak, bolehlah dia berbangga karena memang akunnya dikenal oleh banyak orang, namun bukan berarti dia memiliki kualitas suara yang sempurna sehingga difollow oleh banyak orang, dan bukan berarti pula dialah yang diuntungkan dengan kondisi tersebut. Sebagai contoh, ketika Anda memfollow seseorang, bukan berarti Anda rugi dan orang yang Anda follow sepenuhnya diuntungkan. Hal ini karena adanya kebijakan (aturan main) dari Smule yang membolehkan setiap follower untuk melakukan Direct Invite kepada orang yang di-follow. Peraturan ini sempat membuat saya tidak habis fikir mengapa kok bisa berlaku demikian. Apabila kita bandingkan dengan Twitter, yang bisa melakukan Direct Message (Broadcasting) hanyalah orang yang difollow, sehingga terkesan exclusive. Bandingkan dengan Sing! Smule, follower juga bisa melakukan broadcast, sehingga disini arti follower dan following menjadi kurang efektif. Misalnya saja Anda hanya memfollow 10 orang dengan alasan mereka keren, mereka teman yang saya kenal, saya ingin duet dengan mereka saat mereka melakukan broadcast undangan duet. Tentu ini adalah alasan yang masuk akal dan terdengar Fair... Namun di saat yang sama (ketika Anda hanya memfollow 10 orang) Anda juga difollow oleh 100 orang atau 1000 orang. Dimana mereka juga bisa melakukan broadcast dengan memanfaatkan fitur Direct Invite. Jadi bayangkan saja ketika dalam satu hari Anda mengharapkan Broadcast (notifikasi) dari 10 orang yang Anda follow, namun dalam 1 hari itu juga Anda mendapatkan broadcast undangan (Direct Invite)  dari 100 orang atau 1000 orang yang memfollow Anda, tentunya akan terasa sama saja Anda memfollow 110 atau 1010 orang, walaupun undangan tersebut oleh Aplikasi Sing! Smule telah dipisahkan ke dalam Public Invite dan Direct Invite tapi tetap saja membuat Anda merasa kurang Exclusive karena Privacy Anda terganggu. Semoga saja 1000 orang yang memfollow Anda tersebut menyadari bahwa jika Anda memiliki 1000 follower maka kemungkinan Anda akan menerima ribuan undangan duet yang tidak mungkin bisa Anda penuhi semuanya. Itu kalau semua follower Anda menyadari hal tersebut. Namun apabila ada beberapa orang yang tidak paham dan langsung mencaci Anda, "Sombong sekali sih!!! Berkali-kali diundang Duet kok gak pernah join"... Nah, itu kalau hanya beberapa orang... Lha kalau ada ratusan orang yang tidak paham???!!! tentu Anda yang dirugikan oleh Aturan Main tersebut (fitur Direct Invite).
Itu adalah pemikiran saya pribadi. Namun kalau saya cermati lebih dalam ternyata ada manfaatnya juga diberlakukannya aturan main Direct Invite. Yaitu kemungkinan orang untuk memfollow menjadi lebih besar. Sebagai contoh, apabila ada orang yang melihat profil Anda, apabila tidak ada aturan (fitur) Direct Invite, maka kemungkinan dia akan memfollow Anda hanyalah 50% (fifty fifty). Namun dengan pertimbangan bahwa dengan memfollow Anda maka dia juga bisa melakukan broadcast yaitu undangan Direct Invite kepada Anda, maka orang tersebut lebih antusias untuk memfollow Anda sehingga kemungkinan Anda difollow menjadi naik di atas 80%...
Nah, bagaimanapun aturan main tersebut, mari kita nikmati saja.

Dan berikut ini adalah tips dan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh follower Sing! Karaoke by Smule.


Ada banyak aspek yang mendukung tips ini, diantaranya adalah:
Apakah Anda VIP ataukah Non VIP, (VIP akan lebih bagus)
Apakah Anda memiliki kualitas vocal oke, suara yang unik dan menarik, biasa aja, jelek, jelek banget, atau gak bisa nyanyi sama sekali, (makin oke makin bagus)
Apakah Anda Punya Banyak Waktu Luang untuk Bernyanyi, atau waktu Anda sempit, (makin luang makin bagus)
Apakah Anda Orang yang Supel ataukah Sombong,
Dan lain-lain...
Semua yang saya sebutkan di atas hanyalah aspek pendukung. Artinya, apabila Anda non VIP, suara Anda gak bagus, tak masalah... Anda masih bisa menjaring follower.


Apabila Tips Di Bawah ini sangat bermanfaat dan mampu menghasilkan banyak follower bagi Anda. Bagaimana cara Anda berterimakasih kepada saya? Gak usah pakai uang 1 milyard. Cukup follow saja akun Sing! Smule saya dengan ID username :   benykey


Tips 1:
Seringlah Membuat Open Calls  / Invites (Undangan Duet), Kalau Bisa Dengan Video Cover Akan Lebih Efektif.

Perlu diketahui bahwa fungsi dari Open Calls (undangan) bukan hanya sekedar mengajak duet para Follower dan Following Anda, akan tetapi undangan  juga berlaku bagi semua pengguna di seluruh dunia yang sama sekali tidak ada hubungan pertemanan dengan Anda tetapi memiliki kesamaan dalam hal selera lagu dan penyanyi. Misalnya ketika Anda membuat Undangan untuk lagu 'How Deep is Your Love', maka ada kemungkinan para pengguna Sing! Smule di seluruh dunia yang pernah menyanyikan lagu tersebut akan melihat Anda sebagai 'Recommended Singer' pada Feeds mereka. Nah tergantung mereka akan memfollow Anda atau tidak. Maka usahakan tampilkan performa terbaik Anda di setiap Open Calls yang Anda buat. Tapi ada juga pengguna yang tidak mempedulikan kualitas vocal Anda, dia akan langsung memfollow Anda karena merasa punya teman dengan selera lagu yang sama. Ada pula kemungkinan Anda tidak masuk sebagai 'Recommended Singer', lalu apakah Open Calls yang Anda buat menjadi sia-sia? Tentu saja tidak. Karena apabila dalam rentang waktu 7 hari (atau 2 hari untuk non VIP) ada puluhan atau ratusan orang yang mencari Open Calls (Seekers) lagu 'How Deep is Your Love' dan ingin bergabung untuk bernyanyi, maka mereka akan menemukan Open Calls Anda di antara puluhan pengguna lain yang kebetulan juga membuat Open Calls lagu tersebut. Nah, munculah masalah baru dimana Anda harus bersaing dengan puluhan pengguna lain yang kebetulan juga membuat Open Calls lagu tersebut. Ada banyak faktor bagi para Seekers untuk memilih bergabung ke Open Calls Anda. Yang Pertama tentu saja kualitas vocal Anda, para Seekers tentunya ingin berduet dengan penyanyi yang suaranya Oke. Sedangkan faktor kedua adalah... Apakah Open Calls yang Anda buat menggunakan Video Cover ataukah tidak. Dari pengalaman saya, para Seekers kebanyakan lebih memilih bergabung dengan Open Calls yang menggunakan Video Cover, dan mengabaikan kualitas vocal. Sehingga saya sarankan seandainya memungkinkan Anda untuk membuat Video Cover. Lalu bagaimana kalau kualitas vocal Anda biasa saja dan Anda juga tidak bisa membuat Video Cover, apakah Open Calls yang Anda buat menjadi tidak efektif? Tentu saja salah... Berdasarkan pengalaman saya, ada para pengguna tertentu yang merasa minder kalau berduet dengan penyanyi yang suaranya Oke. Kadang dia hanya memfollow penyanyi tersebut untuk menikmati penampilannya, dan tidak pernah mau join saat diundang duet oleh si penyanyi karena minder. Nah, para pengguna seperti ini justru lebih sering join ke pengguna lain yang memiliki suara biasa saja atau malah yang suaranya buruk sehingga dia merasa suaranya bakalan terdengar lebih bagus. Aneh sih, tapi itulah faktanya. Dan sebagian pengguna lain justru tidak memilih Video Cover karena tidak berani tampil atau alasan lainnya. Jadi apabila Suara Anda biasa saja, dan Anda juga tidak membuat Video Cover, Anda akan tetap mendapatkan Follower. Namun kalau Anda mampu membuat Video Cover dan suara Anda Oke, tentunya akan lebih efektif. Silahkan buat Open Calls sebanyak mungkin... Makin banyak akan makin bagus. Dan tunggulah dalam beberapa saat ke depan Anda akan memperoleh banyak notifikasi seperti ini:

MrA Followed You
MrA Joined Your Collab " How Deep is Your Love"
MrA Loved Your Collab " How Deep is Your Love"

Urutannya akan seperti itu, Dia memfollow, Dia Join, kemudian Dia kasih Like... Namun ada kalanya dia Join dulu, kemudian dia kasih Like. Lalu setelah Anda merespon atau berkomentar, barulah dia memfollow Anda.
Ini perlu menjadi catatan penting bagi Anda. Karena berdasarkan pemantauan saya, hampir semua Inviter hanya mau merespon followernya saja, sedangkan yang bukan followernya akan diabaikan. Saya sudah melakukan penelitian ini menggunakan beberapa akun saya yang lain untuk menguji para Inviters, termasuk teman-teman saya sendiri. Dan kebanyakan dari mereka memang mengabaikan non Followernya. Padahal sebetulnya justru yang bukan Follower harus mendapatkan perhatian lebih, dan justru yang non follower itu lebih bermanfaat. Lhah... kok bisa demikian?

Ya... Mengapa harus mendapat perhatian lebih?
Seperti pada contoh di atas, dia join tapi tidak memfollow Anda, lalu dia memfollow Anda setelah Anda menanggapi duetnya, entah itu dengan komentar ataupun like. Nah, para pengguna seperti ini adalah tipe penguji, dia ingin tahu lebih dulu apakah Anda orang yang menyenangkan ataukah orang yang sombong. Dan ketika dia tahu bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan, maka dia langsung memfollow Anda.

Kemudian mengapa 'di-Join' non Follower juga ada manfaatnya dan justru lebih bermanfaat daripada 'di-Join' Follower?
Begini, setiap pengguna yang join ke Open Calls Anda tentunya juga memiliki follower, bisa puluhan, ratusan, hingga jutaan. Nah, setiap ada pengguna yang join ke Open Calls Anda, secara tidak langsung mereka telah mempromosikan Akun Anda. Karena hasil duet (Collab) tersebut  akan muncul dalam Laporan Feeds yang akan dilihat oleh semua follower mereka, misalnya MrA Joined benykey "How Deep Is Your Love". Nah, bagi follower dari follower Anda (The Followers of Your Followers) laporan Feeds tersebut mungkin sudah sering terlihat. Artinya... Anda dipromosikan kepada orang-orang yang sudah pernah melihat Anda. Dan mungkin sebagian dari mereka bisa jadi justru sudah memfollow Anda (The Followers of Your Followers have Followed You Already).
Nah, sekarang bandingkan apabila yang Join ke Open Calls Anda bukanlah follower Anda, berarti ini adalah untuk pertamakalinya dia Join ke Anda, berarti secara tidak langsung Anda telah dipromosikan kepada semua Followernya yang kemungkinan besar mereka belum mengenal Anda dan juga belum memfollow Anda. Jadi kemungkinan Anda untuk mendapat follower baru akan lebih besar.
Nah, sayangnya kebanyakan pengguna Sing! Smule tidak menyadari keuntungan tersebut. Sebagai contoh, saya memiliki akun unik dengan ID Mr_False yang memiliki follower jumlahnya ribuan. Mr_False ini saya ciptakan dengan karakter Cuek, Sombong, terkesan Dingin, Sering bertindak Aneh, memiliki suara yang aneh pula, Dan dia sering join ke sembarang orang tapi tidak pernah memfollownya setelah join. Alhasil, banyak Inviter yang mengabaikannya dengan anggapan, "Sombong... mentang-mentang followernya banyak trus gak mau follow". Anggapan yang masuk akal sebenarnya, hampir semua dari Anda akan berpikir demikian. Tetapi tidak bagi saya... saya sering sekali dijoin oleh orang-orang yang bukan follower saya. Apa yang saya lakukan? saya justru berterimakasih yang amat sangat. Dan saya tidak akan segan-segan untuk memujinya. bukan berarti saya berharap agar difollow dia, jauhkan pemikiran tersebut, dia mau follow atau tidak, itu hanyalah bonus. Yang jelas secara tidak langsung dia telah mempromosikan saya kepada semua followernya. Nah, berikut ini tips dari saya... Apabila dia memiliki follower ratusan, ribuan, hingga puluhan ribu, usahakan untuk membuat komentar yang memancing percakapan. Semakin banyak dia membalas akan semakin baik. Misalnya... apabila dia membalas komentar saya sebanyak 10 kali, maka secara tidak langsung dia telah mepromosikan saya sebanyak 10 kali. Dan benar saja... beberapa saat kemudian saya dibanjiri oleh puluhan orang yang Join ke lagu tersebut dan hampir 50 orang memfollow saya yang setelah saya telusuri sebagian besar adalah follower dia...

Nah, dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan ada 3 manfaat dari membuat Open Calls (Invites), yaitu, 1) menjadikan kita sebagai Recommended Singer, 2) Menjaring follower dari para Seekers, 3) Menjaring follower yang berasal dari para follower orang-orang yang join ke Open Calls kita, baik itu mereka follower kita atau bukan follower kita. mereka sama-sama telah mempromosikan kita.

Nah, silahkan Anda buat Open Calls sebanyak-banyaknya. misalnya dalam 1 hari Anda bisa membuat 100 Open Calls, maka bisa jadi Anda memperoleh 100 follower lebih dalam 1 hari. Semakin banyak dan semakin sering akan semakin baik. Silahkan dicoba dan buktikan. Jangan lupa follow akun saya : benykey  sebagai wujud dari ungkapan terima kasih Anda apabila informasi ini sangat bermanfaat. Hilangkan rasa sirik atau dengki... itu akan menghambat kemajuan Anda.

Tips 2:
Menjadi Recommended Singer Untuk Target Yang Lebih Besar.

Apa itu Recommended Singer?
Pada Tips 1 di atas sudah saya singgung sedikit bahwa setiap kali Anda membuat Open Calls ada kemungkinan Anda masuk dalam Recommended Singer. Ini pasti... setiap pengguna pasti akan menjadi Recommended Singer bagi pengguna lain yang: 
- Pernah menyanyiakan lagu tersebut,
- Pernah Listen Lagu Tersebut, 
- Lagu tersebut memiliki penyanyi yang sama 
- Lagu tersebut sedang trending di kalangan yang terhubung dengan kita,
- Lagu tersebut memiliki rating tinggi, 
Lalu apa manfaatnya kalau setiap pengguna bisa menjadi Recommended Singer bagi pengguna lain? Bukankah tidak begitu terasa perbedaannya...  Ssssssttttt.... inilah rahasia senilai jutaan dollar yang akan saya bagikan kepada Anda. Dan Anda tidak perlu membayar untuk ini. Cukup follow saja akun Smule saya dengan username : benykey , itu kalau Anda tipe orang yang tau cara berterimakasih...
Sebelum saya beritahu rahasianya, saya terangkan dulu kronologisnya, biar lebih paham lagi...
Begini...
Ini murni dari hasil pantauan saya... Saya sering membuka TAB Feeds untuk melihat perkembangan (updates) dari teman-teman saya. Nah, silahkan Anda cermati pada TAB Feeds ternyata selain Update dari teman-teman juga ada laporan 'Recommended For You' yang menunjukkan nama pengguna (singer) dan lagu Open Calls yang dibawakannya. Nah, itulah yang disebut Recommended Singer. Iseng saja saya catat beberapa nama Singer di hari-hari berikutnya, beserta lagu yang dibawakannya. Ternyata ada perbedaan drastis, dan sangat Drastis... inilah catatan saya:

SingerA (56 Followers)    
Lagu X muncul hanya 1 hari

SingerB (1.205 Followers)
Lagu Y muncul selama 3 hari berturut-turut

SingerC (1.097 Followers)
Lagu Z muncul selama 5 hari berturut-turut, dan muncul lagi beberapa hari kemudian.

Kemudian setelah satu bulan berjalan, saya pantau lagi akun mereka dan betapa terkejutnya saya ketika itu mendapati akun mereka sudah diserbu followers dengan lonjakan yang sangat drastis. Inilah catatan saya:

SingerA (curxx) dari      56 Followers menjadi      128 Followers
SingerB (Risxx) dari 1.205 Followers menjadi   4.792 Followers
SingerC (ki2xx) dari 1.097 Followers menjadi 11.482 Followers

Nah, dari data di atas kita menemukan fakta yang menarik. Yaitu perbandingan lonjakan Followers tidak berbanding lurus dengan follower sebelumnya. SingerB yang sebelumnya memiliki jumlah follower lebih banyak daripada SingerC justru mengalami lonjakan jumlah follower yang kalah besar dari SIngerC. Dan terakhir kali saya pantau beberapa hari yang lahu, SingerC memiliki lonjakan yang sangat drastis. Inilah dia datanya (saya lupa jumlah pastinya):

SingerA  memiliki       2xx Followers
SingerB  memiliki    5.7xx Followers
SingerC  memiliki  16.4xx Followers

Nah, kini saya bagikan sedikit rahasianya... Semoga saya tidak salah analisa...
Setelah saya teliti lebih jauh, dalam analisa saya, yang membedakan ketiga Singer tersebut adalah... Saat menjadi Recommended Singer dalam Feeds saya, ternyata SingerC menyanyikan lagu yang memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga targetnya lebih besar. Bingung ya? begini penjelasan mudahnya. SingerC menyanyikan lagu yang hampir semua orang Indonesia tahu dan bisa menyanyikan lagu tersebut (jangkauan luas). Sementara SingerB menyanyikan lagu yang cukup populer tapi hanya kalangan tertentu saja yang tahu lagu tersebut (jangkauan sedang). Sedangkan SingerA menyanyikan lagu yang hanya diketahui oleh sebagian kecil pengguna (jangkauan sempit).

Nah, dari analisa tersebut dapat kita simpulkan bagaimana cara menjadi Recommended Singer dengan targer yang besar. Yaitu nyanyikanlah lagu-lagu yang memiliki jangkauan luas. Saya mencoba lagu 'Pelangi Di Matamu' yang sudah dinyanyikan oleh sekitar 80.000 pengguna. Kalau mau jujur sih saya kurang cocok dengan lagu tersebut, tetapi karena ini uji coba ya saya lakukan. Hasilnya... dalam waktu 2 jam sudah ada 15 orang yang join dan sekitar 20 follower menyerbu saya.
Dan itu adalah untuk pertamakali sekaligus terakhir kalinya saya menyanyikan lagu pasaran. Karena sebetulnya saya malas menyanyikan atau mendengarkan lagu-lagu pasaran karena udah terlalu sering dengar di radio, di Tivi, di Mall, dan di Kafe-kafe... Saya lebih senang menyanyikan lagu-lagu yang jarang orang tahu. Silahkan saja cek channel (recordings) saya, Anda pasti akan bingung...
Nah, bagi Anda yang ingin mencoba trik efektif ini, silahkan nyanyikan lagu-lagu poasaran yang sudah dinyanyikan oleh jutaan orang...

Tips 3:
Share Ke Berbagai Media Sosial

Cara ini akan lebih efektif apabila Anda memiliki banyak follower di Twitter, Instagram, Facebook, Youtube atau yang lainnya... Orang-orang yang melihat penampilan Anda melalui Media Sosial tersebut akan tertarik untuk memfollow Anda. Itu dengan catatan Anda membagikan (share) penampilan terbaik Anda. Seandainya tidak pun tidak masalah karena setiap Anda membagikan link penampilan Anda, maka apabila ada satu orang yang menonton/mendengarkan rekaman Anda, baik itu melalui Facebook, Twitter, akan terhitung 1 play. Nah, apabila ada 100 orang saja yang memutar rekaman Anda, setidaknya Anda sudah mendapatkan 100 play atas rekaman Anda dan rekaman Anda berkesempatan untuk masuk ke dalam Recommended Listen. 
Apa itu Recommended Listen? Baca terus ya...

Tips 4:
Berjuang Untuk Masuk Recommended Listen

Recommended Listen bisa berada dalam Laporan Feeds, bisa juga langsung berada dalam TAB Listen. TAB Listen terletak di antara TAB Feeds dan TAB Sing. Rekaman yang masuk ke dalam Recommended Listen adalah rekaman yang memiliki jumlah Play dan Like yang banyak, dari 100 play hingga ribuan play, dan dari puluhan like hingga ratusan like.
Sudah saya singgung pada bagian awal artikel ini bahwa sebetulnya yang bisa masuk ke dalam Recommended Listen adalah Rekaman-rekaman yang enak didengar, yang memiliki jumlah play dan like yang banyak. Secara normal seharunya rekaman tersebut sudah didengarkan oleh banyak orang dan orang-orang yang mendengarkan rekaman tersebut merasa puas sehingga memberikan like. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian. Banyak pengguna yang menggunakan berbagai cara agar rekamannya bisa masuk ke dalam Recommended Listen ini. Yang paling banyak dipakai adalah dengan membentuk suatu Genk / Family / Perkumpulan / Kelompok / dan sebutan lainnya. Di dunia Sing! Smule ada ratusan hingga ribuan kelompok. Dimana salah satu tujuannya adalah untuk saling mendukung, saling memberi like, dan sebagainya... Dimana apabila ada salah satu anggotanya yang bisa masuk Recommended Listen maka secara otomatis nama Genk akan ikut terangkat. Lalu masalahnya dimana? bukankah sah-sah saja?... Ya memang sih, sah, dan tidak menyalahi aturan. Tetapi akibatnya... Silahkan Anda cek sendiri pada TAB Recommended Listen. Anda akan mendapati banyak Rekaman dengan suara ancur namun memiliki ratusan like, mungkin malah lebih bagusan suara Anda... dan lucunya lagi, lagu ancur tersebut memiliki ratusan like namun jumlah play-nya hanya 10 atau 20. Artinya lagu tersebut sebetulnya tidaklah bagus dan hanya diputar oleh 10 orang, namun ada ratusan anggota genk yang memberi like tanpa mendengarkannya. Sehingga munculah istilah 'Blind Love' untuk menggambarkan orang-orang tersebut (memberi love tanpa mendengarkannya terlebih dahulu). 'Blind Love' memang disahkan dan tidak melanggar aturan dari Smule, namun berpotensi menghasilkan Spam dan mengurangi Fairplay, sehingga banyak ditentang oleh para pengguna Sing! Smule, salah satunya adalah mas Dewaxxxx yang merupakan pengguna Sing! yang telah berjasa menyumbangkan ratusan lagu karaoke ke database Smule. Mas Dewaxxxx ini menentang keras aksi 'Blind Love' hingga terang-terangan ditulis di profilnya, "Anti Blind Love, Blocked"... dan saya setuju... saya sudah mem-Block puluhan akun yang melakukan 'Blind Love'...

Tapi tidak semua yang masuk Recommended Listen itu ancur, ada juga yang bagus kok. Ciri-cirinya adalah... Jumlah Play harus lebih besar daripada jumlah Love,
Sekedar berbagi pengalaman, dan mungkin tips ini bisa Anda coba...
Saya sudah 3 kali berhasil masuk Recommended Listen. Yang pertama adalah rekaman Solo 'Sepanjang Hidupku by Pilot" yang saya nyanyikan sendirian saat baru pertamakali saya Join Sing! Smule, follower saya baru 10 orang yaitu teman2 saya sendiri. Lhoh kok bisa, baru join kok udah bisa masuk Recommended Listen? ini dia rahasianya... berkaitan dengan Tips 3 di atas, saya share lagu tersebut ke twitter saya @benKLIK yang memiliki 30K followers, dan saya beruntung ada sekitar 500 lebih orang yang memutar lagu tersebut, sehingga dalam Recommended Listen, lagu 'Sepanjang Hidupku' tersebut memiliki jumlah play 500 lebih dan hanya memiliki beberapa like. Karena yang memutar lagu tersebut adalah pengguna Twitter, mereka hanya bisa Play tetapi tidak bisa memberi like kecuali langsung bergabung dengan Smule. Nah, setelah lagu 'Sepanjang Hidupku' tersebut masuk Recommended Listen, barulah saya mendapatkan like dari para pengguna Smule dan pada hari itu saya sudah diserbu oleh hampir 100 follower. Entah karena emang suara saya asik dan unik atau cuma sekedar kasihan saja karena saya member baru dan belum banyak yang follow...
Kemudian lagu kedua yang masuk Recommended Singer adalah 'Always' (bukan Bon Jovi). Di lagu Always ini saya join ke Open Calls milik Abethxxx, pada waktu itu follower Abethxxx masih sekitar 3 ratusan, selang beberapa hari setelah lagu Always masuk Recommended Listen, saya cek Follower Abethxxx sudah mencapai 600 lebih..
Kemudian lagu ketiga yang masuk Recommended Listen adalah 'Aku dan Dirimu - Ari Lasso feat BCL" , di lagu ini saya join ke Open Call teman saya si Qikaxxxx. Pada waktu join, follower Qikaxxxx masih 1.400 lebih, sedangkan setelah berhasil masuk Recommended Listen, terakhir saya cek sudah 2.000 lebih.... Tentu saja, lonjakan tersebut juga ditunjang oleh Open Calls yang dia buat, karena si Qikaxxxx memang sangat rajin membuat Open Calls setiap hari.
Nah, tipnya adalah usahakan Anda mendapatkan play di atas 100, cara paling efektif adalah dengan melakukan share ke berbagai media sosial yang Anda punya. Atau Anda juga bisa menggunakan cara memalukan seperti melakukan Blind Love ke collab (rekaman) teman-teman Anda dan meminta mereka untuk like balik. Ini cara yang sah sih sebetulnya asalkan Anda memberi like sepenuh hati setelah mendengarkan dan menilai collabnya emang bagus dan pantas untuk diberi like.
Lalu bagaimana kita tahu kalau rekaman kita sudah masuk Recommended Listen?
Anda akan mendapatkan banyak notifikasi seperti berikut ini:

MrA loved your collab
MrA followed You

MrB loved you

MrC loved your collab

MrD loved your collab
MrD followed You

(bukan notifikasi 'joined')

Tidak semua yang melihat lagu Anda akan memfollow Anda, ada yang hanya sekedar listen, ada yang sekedar like, ada juga yang hanya sekedar komentar. Mereka memfollow Anda itu tergantung mereka juga apakah mereka menyukai Anda juga, tergantung penampilan Anda. Tapi jangan berkecil hati kalau mereka tidak memfollow Anda, karena tetap ada manfaatnya. Seperti saya katakan sebelumnya di saat mereka memberi Love atau berkomentar maka secara tidak langsung mereka telah mempromosikan Anda kepada semua followernya.

Tips 5:
Memanfaatkan Pengguna Yang Memiliki Banyak Follower

Seperti saya katakan sebelumnya, setiap ada pengguna yang memberi like atau berkomentar pada cover (rekaman) Anda, maka secara tidak langsung dia telah mempromosikan Anda kepada semua followernya. Nah, kejadian



. Saling Melakukan Direct Invite dengan Pengguna Lain
6. Memanfaatkan penggna yang memiliki follower banyak
7. share dan promosi

(masih dalam tahap penulisan, lanjut besok, udah ngantuk nih... ditunggu ya..) 


Cukup sekian penjelasan dari saya tentang Aplikasi Sing! Karaoke by Smule untuk Android. Semoga banyak membantu. Dan apabila ada yang perlu ditanyakan, bisa langsung ke bagian komentar...

Jangan lupa kunjungi halaman profil saya


Jangan ragu untuk follow... karena bagi Anda pengguna non VIP yang ingin nyanyi sendiri (tanpa duet) bisa request ke saya, sehingga Anda bisa menyanyikan lagu-lagu pilihan Anda secara gratis tanpa harus berduet dan tanpa harus menjadi VIP...


Labels:

Post a Comment

Halo,
Nama saya Ny Anita Frost, pemberi pinjaman yang menawarkan 100% asli dan menjamin pinjaman untuk semua. Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? Mencari dana untuk melunasi tagihan dan utang Anda? Mencari uang untuk membeli rumah? Mencari dana untuk memulai bisnis baru? atau Anda butuh uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu, Kami dapat membantu. Kami menawarkan pinjaman dengan suku bunga 2% yang murah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami dijamin 100% dan dijamin, Kami memberikan pinjaman kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan tunai. Tertarik, silakan hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (anitafrost55@gmail.com)

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Status:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat ini di tempat kerja:
10) Penghasilan Bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah Anda mendaftar sebelumnya:
16) Tanggal lahir:
Terima kasih

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget