Seagate Desktop SSHD 2000GB (Hybrid SSD + HDD 2TB)


Harga : Rp. 1.600.000,- (31 Desember 2014) 
Bentuknya memang seperti harddisk. Tetapi ini adalah SSHD, yaitu merupakan penggabungan antara SSD dan Harddisk. SSD memiliki kelebihan dalam hal kecepatan namun memiliki kelemahan dalam hal kapasitas, masa pakai, dan juga harga yang sangat mahal. Sementara harddisk memiliki kelebihan dalam penyediaan kapasitas besar dan masa pemakaian yang lebih lama, juga memiliki harga yang terjangkau, namun memiliki kelemahan dalam hal kecepatan. Inilah yang mendasari Seagate untuk menciptakan inovasi penggabungan teknologi SSD dengan Harddisk yang diberi nama SSHD atau lebih dikenal dengan Hybrid SSD HDD. 
Dengan penggabungan 2 teknologi tersebut, SSHD memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada Harddisk biasa, namun masih tetap kalah dibandingkan dengan kecepatan SSD. Hal ini masih bisa diterima karena dari segi harga memang SSHD memiliki harga yang jauh lebih murah daripada SSD namun lebih mahal sedikit bila dibandingkan dengan harddisk biasa. 
Ini merupakan sebuah alternatif buat para pengguna yang menginginkan sebuah storage untuk system dengan kecepatan tinggi namun memiliki harga yang terjangkau. SSHD ini adalah pilihan yang bijak. Apabila SSD memiliki harga yang sangat tinggi, padahal di satu sisi Anda menginginkan storage yang lebih cepat dari harddisk. Maka SSHD adalah solusinya. SSHD memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada harddisk biasa, memiliki kapasitas yang lebih besar daripada SSD (saat ini kapasitas SSHD terbesar adalah 4TB), dan memiliki harga yang terjangkau. Sehingga SSHD ini berada di tengah-tengah antara HDD dan SSD, baik dalam hal kecepatan maupun harga, sehingga SSHD mencuri perhatian banyak kalangan yang mengakibatkan penjualannya melebihi target sampai-sampai distributor kehabisan stok... 
Lalu mengapa saya memilih kapasitar 2TB, padahal yang kapasitasnya 3TB atau 4TB memiliki harga yang tidak terpaut jauh? 
Sederhana, tadinya malah saya hendak memilih SSHD yang kapasitar 1TB. Mengapa? semakin kecil kapasitas SSHD, waktu loadingnya juga lebih cepat (ngintip Benchmark dari blog tetangga). Namun berhubung kebutuhan saya lebih dari 1TB maka saya pilih yang 2TB dengan konsekuensi kecepatannya sedikit lebih lambat. Ya... hanya sedikit perbedaan kecepatan antara SSHD kapasitas 1TB dengan 2TB. Sedangkan untuk kapasitas di atas 2TB, perbedaan kecepatannya lumayan banyak... Namun tetap lebih kencang bila dibandingkan dengan HDD biasa.





Labels:

Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget