Mad Catz Cyborg M.M.O. 7 Gaming Mouse, Hingga 90 Action


Harga : Rp. 1.800.000,-  (17 Januari 2015)
Sudah lama saya mengincar produk Mouse keluaran dari MadCatz yang terkenal dengan Customisasi dan bentuknya yang unik. Dan salah satu Varian yang saya incar adalah Cyborg MMO 7 ini. Tapi berhubung harganya yang tidak umum seperti kebanyakan mouse pada umumnya, maka saya harus nabung dulu hingga 2 tahun sampai benar-benar tidak mengganggu keperluan kebutuhan lainnya. 
Dibandingkan dengan Varian lain, seperti RAT 9, RAT M, atau MOUS 9, MMO 7 memiliki kelebihan tersendiri yang lebih sesuai dengan kebutuhan saya. Kalau RAT 9 memiliki fitur wireless dan memiliki banyak tombol, RAT M support dengan perangkat Android, dan MOUS 9 memiliki bentuk yang ramping sehingga cocok untuk dibawa bepergian, maka MMO 7 memiliki kelebihan pada jumlah tombolnya hingga 18 buah klik dan 2 buah scroll. Dan apabila digunakan secara profesional, maka jumlah klik yang bisa diproggram dengan kombinasi bisa mencapai 90 tombol terprogram. Ini merupakan jumlah 'programmable buttons' terbanyak hingga saat ini. 
Lalu apa gunanya tombol-tombol tersebut? 
Pertanyaan itu pernah terlintas di kepala saya saat pertamakali melihat Cyborg MMO 7 ini yang membuat saya langsung jatuh cinta. Umumnya mouse minimalis memiliki tombol stardar yaitu klik kanan dan klik kiri. Sedangkan mouse standar umumnya memiliki tombol klik kanan, klik kiri, dan juga scroll yang berada di tengahnya yang seharusnya juga bisa digunakan untuk 'middle click'. Namun sekarang sudah banyak beredar mouse dengan penambahan beberapa tombol dengan fungsi yang paling sering dipakai, yaitu tombol 'back' dan 'previous'. Ada pula yang menyediakan tombol 'volume up' dan 'volume down' untuk mouse multimedia. Sedangkan untuk mouse standar gaming ada tambahan tombol untuk mengatur DPI. Sehingga kalau mau diambil rata-rata, kebanyakan mouse yang beredar saat ini, baik itu yang murah ataupun mahal, setidaknya memiliki jumlah tombol tidak lebih dari 10 buah, yaitu klik kanan, klik kiri, klik tengah, scrol, back, previous, DPI up, DPI down, Esc, dan beberapa 'programmable button'. Nah, untuk mouse Cyborg MMO 7 ini setidaknya sudah menyediakan 18 buah tombol klik sebelum menggunakan kombinasi. Dan apabila menggunakan kombinasi, bisa mencapai hingga 90 kombinasi klik. Bahkan MMO 7 ini menyediakan 2 buah Scroll, yaitu Scroll standar yang berada di tengah-tengah antara tombol klik kanan dan klik kiri, Dan satu lagi sebuah Scroll pada bagian sisi kiri tepat di bawah jempol kita, sehingga Scroll ini bisa dioperasikan dengan menggunakan jempol, baik itu Scroll Kiri maupun Scroll Kanan. Tombol Scroll tambahan ini cukup unik, berbeda dengan tombol Scroll Standar yang berguna untuk Scroll Atas dan Scroll Bawah, Tombol Scroll tambahan ini adalah Scroll Kanan dan Scroll Kiri, yang bisa kita program sesuai dengan kegunaan. Misalnya sebagai Zoom In dan Zoom Out pada Photoshop, Atau Volume Up dan Volume Down pada Editing Video. Sangat berguna dan multy fungsi. Tombol Scroll Tambahan ini tidak ditemukan pada Mouse Merk Lain.
Seperti kebanyakan mouse gaming lainnya, MMO 7 juga kompatible dengan beberapa software terkenal seperti Photoshop dan AutoCad, bahkan sudah tersedia profilnya yang siap dipakai. Ya, profil... ini adalah kustomisasi tombol yang sudah disetting dan disimpan menjadi sebuah profil. Sehingga kita dapat dengan mudah berganti-ganti profil untuk Game yang berbeda-beda tanpa harus melakukan setting tombol satu per satu. Biar lebih jelas akan saya beri contoh...
Misalnya kita akan memainkan Game Counter Strike. Kita melakukan setting semua tombol pada mouse agar sesuai dengan penggunaan dalam game tersebut, sebagai contoh kita setting tombol 'left click' sebagai Shooting (menembak). Lalu tombol 'back' untuk melemparkan granat. Lalu diikuti dengan tombol-tombol lainnya disetting sesuai keinginan kita. Setelah selesai, lalu kita simpan settingan tersebut sebagai Profil Counter Strike. Kemudian di waktu tertentu kita ingin memainkan Game Tomb Raider. Sudah pasti kita harus melakukan setting ulang sebagian atau semua tombolnya agar sesuai dengan penggunaannya (tidak mungkin kita menggunakan Profil Counter Strike untuk memainkan Game Tomb Raider). Kita harus membuat sendiri setting tombol-tombol pada Mouse MMO 7 agar sesuai dengan kebutuhan Game Tomb Raider, misalnya tombol 'left click' yang tadinya sebagai shooting kita ganti sebagai tombol untuk lompat (jump) karena lompat adalah aksi yang paling sering dilakukan oleh Lara Croft (Tokoh Utama Tomb Raider). Kemudian diikuti oleh pengaturan tombol-tombol yang lainnya. Setelah selesai lalu simpan sebagai Profil Tomb Raider. Kemudian lakukan setting untuk game-game lain atau program-program lainnya kemudian simpan pada masing-masing profil. Dengan demikian Anda cukup mengaktifkan salah satu profil untuk digunakan misalnya di saat Anda ingin main Game Tomb Raider silahkan aktifkan Profil Tomb Raider. Kemudian di saat Anda ingin menggunakan program Photoshop silahkan aktifkan Profil Photoshop. Mengganti-ganti profil dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. Anda tinggal klik kanan pada icon Mouse yang terletak pada Taskbar. Kemudian Anda pilih profil yang telah Anda simpan sebelumnya. 
Dalam melakukan setting tombol pada tiap-tiap game, Anda tidak harus melakukan setting untuk semuanya. Lakukan saja seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja saat melakukan setting tombol untuk Profil Photoshop, Anda cukup melakukan beberapa setting tombol sebagai 'select', 'copy', 'crop', 'brush tool', 'Esc', atau yang lainnya... Tetapi apabila Anda memang seorang pekerja profesional yang ingin memanfaatkan semua tombol beserta kombinasinya, maka Anda bisa melakukan setting hingga 90 kombinasi. Luar biasa...
Oh, iya... sebetulnya yang saya tulis di atas hanyalah sebagai contoh agar Anda bisa lebih mudah memahami fitur dan kelebihan dari Mouse Cyborg MMO7 ini. Padahal kenyataannya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan setting satu per satu untuk tiap-tiap game atau software, karena sudah tersedia ratusan Profil yang bisa Anda download dan siap pakai. Profil-profil yang tersedia sangatlah berlimpah, hampir semua Game Terbaru dan Software terkenal seperti Photoshop sudah tersedia profilnya. Kecuali apabila Anda ingin melakukan Customisasi sendiri dan Membuat Profil Anda sendiri sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa mengikuti langkah yang saya tulis di atas. Tetapi kalau Anda mau praktis dan siap pakai, ya tinggal download saja...
Lalu tombol-tombol apa saja yang tersedia pada Mouse MadCatz Cyborg MMO 7 ini? Dan apa saja fungsinya? 
Berikut ini akan saya paparkan satu per satu...


Kita Mulai Dari Bagian Atas, Silahkan Anda Perhatikan Gambar Di Bawah Ini....


Pada bagian atas terdapat 7 buah tombol klik dan 2 buah Scroll. 
  • Ada tombol standar yaitu klik kanan dan klik kiri. 
  • Kemudian ada tombol Scroll Up dan Scroll Down yang juga bisa di-klik (middle click/scroll click) yang letaknya diapit oleh tombol klik kanan dan klik kiri seperti pada mouse umumnya. 
  • Ada tombol klik kanan dan klik kiri lain yang ukurannya lebih kecil. Dalam foto di atas, kedua tombol tersebut berwarna perak, terletak di bagian tengah dan mengapit tombol Scroll. Kedua tombol ini memiliki fungsi khusus, yaitu bisa digunakan sebagai On/Off untuk mengaktifkan mode 'Click and Hold' pada tombol Right/Left Click yang lebih besar. Maksudnya adalah, misalnya tombol klik kiri (kecil) kita gunakan sebagai On/Off. Lalu kita klik untuk mangkatifkan mode 'Click and Hold', ditandai dengan lampu yang berubah warna. Nah pada saat aktif/On, maka tombol klik kiri (besar) telah Aktif sebagai tombol 'Click and Hold', artinya... Anda cukup melakukan 1 buah klik tanpa harus menahannya namun seolah-olah Anda telah melakukan Klik dan Tahan. Fitur ini sangat berguna dalam berbagai kondisi, misalnya saat Anda bermain Game menembak, dimana dalam game tersebut Anda akan melakukan tembakan beruntun secara terus-menerus tanpa henti dengan cara terus menahan tombol 'shoot' (klik kiri) dan jangan pernah melepaskannya. Nah, dengan mouse gaming biasa dijamin tangan Anda akan terasa capek bahkan bisa kram apabila menahan klik pada tombol 'shooting' dalam waktu yang cukup lama. Nah, dengan fitur On/Off 'Click and Hold' pada Mouse MMO 7 ini Anda diuntungkan dengan hanya sekali klik tanpa harus menahannya. Kemudian tombol ini selain khusus untuk mengaktifkan "Click and Hold', juga bisa berdiri sendiri sebagai 'Programmable Button', Artinya Anda bisa mensetting tombol ini untuk keperluan yang lain seperti 'crop', 'paste', 'delete', atau yang lainnya...
  • Kemudian ada lagi sebuah tombol DPI yang terletak di bagian tengah tepat di bawah Scroll Standar. Tombol DPI ini sesuai namanya, berfungsi sebagai pengatur DPI. Ada 4 buah preset DPI yang harus kita persiapkan untuk memaksimalkan penggunaan tombol ini. Namun sayangnya tombol pengatur DPI ini hanya ada 1 buah sehingga kita harus menekan beberapa kali untuk memilih DPI yang diinginkan. Sebetulnya akan lebih baik apabila terdapat 2 buah tombol DPI, yaitu Increase DPI dan Decrease DPI. Namun kalau Anda sudah terbiasa menggunakannya tidak akan begitu kesulitan.
  • Lalu Ada sebuah tomboh khusus yang letaknya di bagian pinggir kiri, di sebelah lampu indikator DPI. kita bisa menjangkaunya dengan menggunakan jari telunjuk. Tombol ini berfungsi untuk berganti-ganti mode hingga 3 buah mode dimana tiap-tiap mode memiliki warna lampu yang berbeda sesuai dengan yang kita setting sebelumnya. Mungkin Anda bingung maksudnya 'mode' itu apa. Nah, nanti akan saya beri contoh. Semua tombol yang terdapat pada Mouse MMO 7 ini sebetulnya hanya bisa melakukan klik hingga 30 kombinasi. Akan tetapi berkat adanya tombol pengganti mode ini, 30 kombinasi klik tersebut masih bisa disetting lagi pada 3 mode yang berbeda sehingga apabila kita benar-benar memaksimalkan fitur ini maka kita akan memperoleh kombinasi klik sebanyak 90 buah kombinasi klik yang didapat dari 30 klik dikalikan 3 mode. Kalau Anda bingung akan saya beri contoh penggunaannya. Misalnya pada mode 1, tombol klik kanan berfungsi sebagai 'shooting', kemudian pada mode 2, klik kanan berfungsi sebagai 'attack', kemudian pada mode 3, klik kanan berfungsi sebagai 'exit', begitu juga untuk 29 tombol yang lainnya. Sehingga apabila fitur ini dimaksimalkan, maka kita akan memperoleh kombinasi klik hingga 90 klik. Kalau mau jujur sih saya tidak pernah berganti-ganti mode apalagi dari mode 1 hingga mode 3. Bagi saya, 1 buah mode sudah lebih dari cukup. Untuk tiap-tiap game atau software paling-paling saya hanya menggunakan sekitar 20 buah kombinasi klik, sehingga cukup menggunakan 1 buah mode saja sudah bisa menangani hingga 30 kombinasi klik. Tapi kalau Anda membutuhkan hingga 90 kombinasi klik, di dunia ini hanya ada 1 Mouse yang bisa melakukannya, yaitu Cyborg MMO 7 ini. 
  • Yang terakhir pada bagian atas adalah tombol Scroll Tambahan yang bisa digunakan untuk Scroll Kanan dan Scroll Kiri. Dan bisa dijangkau oleh jempol kita, seperti yang sudah saya singgung di bagian awal artikel ini. 
  • Kita lanjutkan dengan tombol-tombol pada bagian samping kiri...


Perhatikan Gambar Di Bawah Ini...


Pada Bagian Sisi Kiri Terdapat 5 Buah 'Programmable Button' Dan Sebuah Tombol Navigasi 5 Arah..
  • Programmable Button adalah semua tombol yang bisa kita proggram atau kita setting agar memiliki fungsi tertentu. Nah pada bagian samping kiri Mouse MMO 7 terdapat 5 buah 'Programmable Botton' yaitu ada 2 di bagian atas, yang secara default adalah sebagai tombol 'back' dan 'provious', kemudian ada 2 buah lagi di bagian tengah yang mengapit tombol navigasi 5 arah, kedua tombol ini secara default tidak berfungsi namun kita bisa memproggramnya misalnya sebagai tombol 'copy' dan 'cut', kemudian ada 1 lagi tombol pada bagian dasar (bawah) yang secara default juga tidak berfungsi, namun kita bisa memprogramnya sebagai tombol 'paste'. 
  • Kemudian ada sebuah tombol kecil yaitu navigasi 5 arah. Walaupun sepintas tombol ini tidak begitu berarti namun jangan salah, tombol ini memiliki multy fungsi yang sangat penting dan tergolong unik karena hanya ada 2 Mouse di dunia ini yang memilikinya, yaitu MadCatz Cyborg MMO 7 ini dan satunya lagi adalah MadCatz Cyborg R.A.T. M... Disebut Navigasi 5 Arah karena tombol mungil ini selain memiliki fungsi sebuah 'KLIK' juga memiliki fungsi navigasi yaitu bisa digerakkan ke atas, ke bawah, ke depan, dan ke belakang, sehingga totalnya ada 5 buah Klik, yaitu Navigasi 4 arah ditambah 'Klik Tengah'. Nah, khusus klik tengah ini sebetulnya umum ditemukan pada Mouse Gaming kebanyakan yang dijual di pasaran, dan fungsinya pun sama, yaitu tombol Khusus untuk Sniper. Yang membedakan adalah, pada Mouse Gaming lain tidak berfungsi sebagai navigasi 4 arah, khusus hanya sebagai tombol Sniper saja. Sedangkan pada Cyborg MMO 7 ini, baik tombol Sniper maupun Navigasi 4 Arah, kelima tombol tersebut juga merupakan 'PROGRAMMABLE BUTTON'. Jadi kalau mau ditotal, pada bagian samping kiri Mouse Cyborg MMO 7 ini memiliki 10 buah 'Programmable Button' yang juga bisa berfungsi sebagai tombol Navigasi 4 Arah dan Juga Tombol Sniper.
  • Sebagai tambahan informasi, tombol Sniper adalah tombol yang sangat dibutuhkan saat melakukan Sniper, yaitu mengarahkan Senjata, baik itu pistol, granat, maupun panah, ke arah musuh. Proses Sniper ini membutuhkan presisi yang sangat serius sehingga tingkat akurasi mouse mengambil peranan penting. Dibutuhkan DPI yang lebih tinggi agar proses Sniper bisa tepat mengenai sasaran (musuh). DPI tinggi maksudnya adalah gerakan Mouse yang lebih lambat, sehingga memudahkan kita dalam menempatkan cursor tepat mengenai sasaran. 
Mari Kita Lanjutkan Pada Bagian Sisi Kanan, Silahkan Perhatikan Gambar Di Bawah Ini... 


Pada sisi bagian kanan Mouse Cyborg MMO 7 hanya terdapat sebuah tombol. Tombol ini bukanlah 'Programmable Button', kita tidak bisa memprogramnya untuk menjalankan fungsi tertentu karena tombol ini adalah tombol khusus yang memiliki fungsi seperti 'ALT' atau "SHIFT" sehingga hanya bisa bekerja saat dikombinasikan dengan tombol lain... Misalnya dengan menekan tombol ini ditambah dengan menekan tombol 'klik kanan' kemudian kita fungsikan sebagai 'kick' atau aksi menendang musuh, maka setiap kali kita menekan tombol 'ALT' bersamaan dengan tombol 'Klik Kanan' secara barsamaan, tokoh yang kita kendalikan akan melakukan tendangan ke arah musuh. Namun begitu kita lepaskan tombol 'ALT' dan hanya menekan tombol 'Klik Kanan', tokoh yang kita kendalikan hanya melakukan 'jump'... Tombol ini sangat praktis ya.... Dan sangat berguna... 
Pada Mouse Cyborg MMO 7 ini walaupun memiliki 18 tombol clickable dan 2 buah Scroll namun hanya 15 tombol yang merupakan 'programmable button' . Untuk itu dengan memanfaatkan tombol 'shift' pada bagian sisi kanan Mouse MMO 7 kita bisa menggandakan fungsi 15 tombol 'programmable button' tersebut menjadi 30. Dan dengan melakukan setting ulang fungsi kombinasi yang berbeda pada 3 mode yang berbeda maka kita akan memperoleh kombinasi sebanyak 90 'programmable'. 

Kita lanjutkan pada bagian belakang. Perhatikan gambar di bawah ini...


Pada bagian belakang tidak terdapat tombol. Namun terdapat skrup untuk mengatur panjang mouse agar sesuai dengan tangan pengguna sehingga nyaman saat digunakan...  Inilah salah satu keunggulan dan menjadi fitur andalan dari jajaran produk Mouse besutan MadCatz. MadCatz Cyborg terkenal dengan bentuk mouse yang sangar, seperti robot, bisa dibongkar pasang, bisa diatur bentuknya agar sesuai dengan tangan pengguna. Bisa juga diatur beratnya untuk disesuaikan dengan game tertentu. Anda tidak akan menemukan ciri khas tersebut pada produk mouse merk lain...

Kekurangan...
Kekurangan dari mouse ini sudah pasti harganya yang tergolong sangat mahal. Bandingkan dengan Mouse Logitech Wireless G602 yg harganya 700 ribuan yang memiliki banyak fitur. Itu saja menurut saya sudah sangat mahal apalagi Cyborg MMO 7 ini yang hampir 2 juta rupiah. Tapi harga tersebut memang masuk akal melihat fitur yang ditawarkan dan juga kualitas bahan yang digunakan serta Inovasi yang dihadirkan. Tidak menyesal lah memilikinya walau harus menebusnya dengan harga yang lumayan bikin stress...


Logam pemberat, umum ditemukan pada Mouse Gaming Mahal






Labels:

Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget