Cara Mendapatkan Ide Cerita Untuk Dijadikan Bahan Joke... (Anak Kos vs Dealer Motor)

Humor, Cerita Lucu, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Introduction 

(Kalau Males Baca Intro, Langsung Saja Scroll Ke Bawah Menuju Ke Inti Cerita)
Banyak yang nanya... Joke-joke yang saya posting di kaskus.co.id dan di benynem.com, didapet dari mana ya? 
Mungkin mereka pikir saya dapat dari copy paste website lain atau dari nyontek buku humor yang banyak dijual di Gramedia... saya memang kadang membaca di website lain atau buku humor, namun jarang ada yang bisa bikin saya tertawa, karena hampir semua joke tersebut bagi saya sudah basi. Walaupun ada juga yang bisa bikin saya tertawa, jumlahnya gak lebih dari 1%... karena dari kecil saya sudah terbiasa dengan lingkungan para komedian sehingga berpengaruh pada tingkat level humor yang bisa bikin saya tertawa. Sebagai contoh ketika teman-teman saya tertawa saat menonton acara OJV, saya justru malah bengong dan melongo, karena hal-hal kecil seperti itu sudah familier di lingkungan lama saya, sehingga saya tidak merasa ada hal yang lucu pada acara tersebut... Nah, justru pada saat tertentu saya malah tertawa melihat mereka menertawakan sesuatu yang tidak lucu... Dan di saat mereka tahu kalau mereka sedang saya tertawakan, mereka pergi satu per satu meninggalkan saya, mereka menganggap saya ini orang aneh... Padahal saya sendiri juga merasa demikian...
Disini bukan berarti saya menganggap bahwa saya ini yang paling lucu sedangkan yang lainnya kalah lucu... Tidaklah demikian... karena Lucu atau tidak itu sifatnya relative... tergantung level humor bagi masing2 orang dan juga karakter masing2 orang yang berbeda-beda. Misalnya saja acara OJV kalau bagi saya acara tersebut tidaklah lucu, bukan di level humor saya, namun bukan berarti acara tersebut tidak lucu. Nyatanya acara tersebut meraih rating tinggi acara TV di Indonesia, dan banyak pula orang yang nonton sampai terbahak-bahak guling-guling... ini menunjukkan bahwa acara tersebut lucu bagi sebagian besar orang. Justru malah lelucon saya hanya sebagian kecil saja orang yang menganggapnya lucu... sementara bagi sebagian besar orang lainnya malah bingung dan harus berfikir keras dalam memahaminya, bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan kalau saya ini gila.... saya sebetulnya agak sependapat karena menurut saya lelucon saya juga kayaknya aneh... gak apa-apa, yang penting ide pemikiran saya bisa tersampaikan. Ibaratnya pengantin baru nih, kebutuhan biologis bisa tersalurkan...
Nah, kembali ke topik awal... Saya hanya mau ngasih tahu kalau semua joke yang saya posting adalah murni dari pemikiran saya. Idenya bisa berasal dari kejadian yang saya alami sehari-hari, kadang juga dari curhatan teman yang saya plesetkan menjadi cerita lucu... sebagai contoh nih, kejadian hari ini yang bisa saya jadikan ide cerita...

Anak Kos VS Dealer Motor

Hari ini saya mengantarkan sepeda motor kesayangan saya ke tempat servis untuk dilakukan servis berkala. Nah, saya kalau servis motor itu suka berpindah-pindah dari Abass satu ke Abass lainnya dengan tujuan nyari sensasi yang aman. Mumpung gak ada yang melarang... soalnya kalau berpindah-pindah dari cewek satu ke cewek yang lainnya, itu jelas tidak aman... 
Nah, servis motor di Abass kali ini beda, karena ada kantinnya... Dan asiknya nih, makanan yang dijual di kantin tersebut cukup enak, dan harganya pun sangat murah... saya makan 2 bungkus nasi, 2 gorengan, 1 gelas kopi, cuma habis 5 ribu doang. Pas banget buat kantong mahasiswa, apalagi yang ngekos... 
Kemudian saya punya ide, demi penghematan uang makan. Besok pagi saya mau servis lagi ke Abass ini selama 1 bulan berturut-turut... 
Kita lewatkan saja hari ini... Mari kita langsung saja menuju besok... 
Nah, besoknya saya kembali mengantarkan sepeda motor kesayangan saya ke Abass. Di bagian pendaftaran, petugasnya bingung... lalu bilang ke saya, 
Petugas: "Mas, ini bukannya motornya kemaren barusan diservis di sini?" 
Waduh, saya agak gugup juga, jangan-jangan dia sudah curiga dengan niat busuk saya yang mengakali Abass tersebut untuk menghemat uang makan, kemudian dia akan mengusir saya. Untungnya kok saya cerdas, lalu saya jawab, "dicek aja Mas, siapa tahu ada yang gak beres, toh kemaren saya pakai seharian, kita kan gak tahu, apa saja bisa terjadi dalam waktu satu hari"...
Untungnya dia cuma mengernyitkan dahi, kemudian dia bertanya, "Olinya diganti sekalian Mas?", untungnya kok cuma pertanyaan standar yang menurut saya adalah pertanyaan prosedural. Dan agar dia tidak bertambah curiga saya iyakan saja...
Kemudian dengan perasaan lega dan nyaman saya menuju kantin buat makan sambil menunggu motor saya selesai diservis...
Kejadian tersebut berlangsung selama satu bulan... Dan pada akhir bulan saya melakukan perhitungan finansial apakah strategi saya berhasil atau tidak... Alangkah terkejutnya saya ketika menemukan penghematan yang sangat signifikan pada uang makan. Biasanya dalam satu bulan menghabiskan hingga 900 ribu untuk uang makan, namun pada bulan kemarin hanya mengeluarkan uang tidak lebih dari 500 ribu... saya telah menghemat hingga 45% uang makan... 
Namun di sisi lain saya melihat ada kenaikan pada biaya lain-lain, bayar kos, listrik, servis, KRS, dll yang tadinya hanya 15 jutaan, meningkat menjadi 18 jutaan, meningkat sekitar 20%... Saya sih tidak ambil pusing. Tapi saya sempat membaca sekilas ada biaya 30x45.000 biaya servis motor, 30x oli mesin, ganti rugi kerusakan properti kantin, ganti rugi penurunan jumlah pelanggan gara2 keberadaan saya, dll... saya malas membacanya, tidak begitu saya ambil pusing, toh peningkatannya kan cuma 20%, yang penting saya telah berhasil menurunkan biaya uang makan hingga 45%, cukup signifikan. Saya senang sekali bisa berhasil dengan baik, kalau pun ada sedikit peningkatan biaya lain-lain atau salah perhitungan, itu sih masih bisa dimaklumi karena memang saya bukan ahlinya matematika dengan perhitungan yang rumit. Biarlah saya berprestasi dan membanggakan di bidang saya. Saat ini saya sedang melanjutkan kuliah S2 ilmu akuntansi. Saya senang berkat ilmu yang saya kuasai saya telah berhasil menghemat uang makan sebulan sebesar 45%... Bagaimana dengan Anda?


Labels:

Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget