Review: LG G3 Gold Versi RAM 3GB Memory 32GB LTE

Kelebihan Dan Kekurangan LG G3 versi RAM 3GB


Harga : Rp. 7.399.000,- (November 2014) 
Saat LG G3 direlease pada quartal awal tahun 2014, tentunya memiliki banyak pesaing dari vendor lain. Dari Sony, Ada Xperia Z1. Dari Samsung, ada Galaxy S V, dan dari HTC ada HTC One M8. Namun dari semua flagship yang keluar pada awal tahun 2014 hanya ada 2 Smartphone yang masuk nominasi pilihan saya, yaitu LG G3 menjadi prioritas utama, dan Sony Xperia Z1. Sementara untuk Samsung Galaxy S5, saya kecewa dengan spesifikasinya yang jauh dari harapan. Dan untuk HTC One M8, hanya ada sedikit peningkatan dari pendahulunya. Sehingga baik Galaxy S5 maupun HTC One M8 tidak sedikit pun menarik minat saya. Lalu mengapa saya tertarik pada Sony Xperia Z1 sehingga saya membelinya pada Januari 2014 beberapa minggu setelah dipasarkan di Indonesia. Karena Xperia Z1 sangatlah istimewa, memiliki banyak fitur dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh Smartphone lain, diantaranya adalah, tahan air dan debu, bisa diajak menyelam, dan juga kamera 20 megapixel serta teknologi layar Triluminos X-Reality Display. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Review Sony Xperia Z1 . . .
Lalu mengapa LG G3 menjadi prioritas utama saya. Karena pada awalnya saya sudah sangat tertarik dengan fitur "Knock Kode" yang dimilikinya. Dengan fitur tersebut kita bisa menyalakan HP sekaligus membuka kuncinya hanya dengan melakukan beberapa ketukan pada layarnya di saat dalam keadaan mati, tidak perlu repot-repot menekan tombol power, apalagi masih diikuti dengan memasukkan kode kunci. Bahka smartphone canggih dengan pemindai sidik jari sekalipun untuk membukanya kita masih harus menekan tombol power barulah memasukkan sidik jari. Masih kalah praktis bila dibandingkan dengan fitur "Knock Code" milik seri LG. Kelebihan lain dari fitur "Knock Code" selain praktis dan cepat adalah, kita bisa berpindah-pindah akun pengguna HP hanya dengan melakukan kombinasi ketukan yang berbeda. Misalnya 4 ketukan di kiri atas untuk masuk ke akun pengguna sebagai Beny, atau 4 ketukan kanan kiri untuk masuk ke akun penggunak sebagai tamu, atau masuk ke akun pengguna yang lain, hanya dengan melakukan kombinasi ketukan yang berbeda. Kalau di smartphone lain, untuk pindah ke akun pengguna lain, kita masih harus menekan tombol power untuk menyalakan HP, lalu maih menekan lagi ikon user, lalu masih menekan lagi ke thumbnail user yang dikehendaki, dan langkah yang terakhir kita masih harus memasukkan sandi. Nah, dalam hal praktis ini LG G3 unggul telak karena tak ada yang menandingi. Kemudian ada beberapa pertimbangan lain yang membuat saya memilih LG G3 yang memiliki kelebihan lain yang mungkin tidak dimiliki oleh merk lain.

Kelebihan / Keunggulan LG G3 RAM 3GB : 

  1. Sudah pasti, fitur "Knock Kode" yang sudah saya utarakan di atas, menjadi keunggulan utama yang hanya ada di smartphone LG 
  2. RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Sudah pasti dalam spesifikasi ini LG G3 unggul dan melejit sendiri karena baik Sony Xperia Z1, HTC One M8, dan Samsung Galaxy S5 hanya menggunakan RAM sebesar 2GB 
  3. Resolusi Layar 1440x2560 . dalam spesifikasi layar ini LG G3 juga unggul jauh melejit sendiri di atas. Karena baik Xpeia Z1, Galaxy S5, dan HTC One M8 masih menggunakan layar resolusi 1080x1920. 
  4. LG G3 sudah mendukung Jaringan 4G (LTE). Untuk pasar Indonesia, baik Sony Xperia Z1, Galaxy S5, dan HTC One M8, semuanya belum mendukung jaringan LTE. 
  5. Batere yang bisa dilepas. Saya lebih suka mengecas batere dengan desktop charger karena sangat praktis. Saya menggunakan 2 buah desktop charger dan 2 buah batere LG G3 cadangan. Jadi saat batere LG G3 habis, saya tinggal menggantinya dengan batere yang sudah dicas penuh, kemudian batere yang habis tadi dicas menggunakan desktop charger. Sedangkan batere cadangan yang satunya digunakan apabila hendak bepergian. 
  6. Kamera 13 megapixel denga OIS dan Laser Autufocus 
  7. Dolby Audio, 
  8. Bezel pinggir yang sangat tipis membuatnya pas di tangan sehingga bentang layar 5,5 inchi serasa hanya 5 inchi. 
  9. Memiliki codec audio dan video sangat lengkap. Hampir semua file film dan audio bisa diputar di LG G3, termasuk codec untuk ac3 yang tidak tersedia pada beberapa seri Samsung Galaxy. 
  10. dan lain-lain...
Saya rasa, dengan banyaknya keunggulan LG G3 yang tidak dimiliki oleh smartphone lain, tidak ada alasan untuk tidak memboyongnya. Itulah mengapa dari awal sebelum direlease LG G3 sudah menjadi prioritas utama saya. Dengan mengetahui kelebihan-kelebihan di atas yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya, maka Galaxy S5 dan HTC One M8 jadi terlihat usang dan ketinggalan, sehingga saya akan kelihatan agak bodoh bila membelinya. Saya kelihatan tidak begitu bodoh saat membeli Xperia Z1 karena Xperia Z1 memiliki sedikit fitur yang tidak dimiliki oleh LG G3...
Sayangnya, pada saat direlease di Indonesia, LG G3 hanya tersedia untuk versi RAM 2GB dan memori internal 16GB, saya sempat memakainya beberapa bulan sebelum akhirnya saya mendapat yang versi RAM 3GB pada bulan November 2014 lalu. Namun LG G3 juga memiliki beberapa kekurangan yang menurut saya tidak begitu signifikan. 

Kekurangan / Kelemahan LG G3 RAM 3GB : 

  1. Bodynya memang terlihat premium mirip logam. Namun bahan pembuatnya adalah plastik yang mudah tergores, dan mudah penyok terkena benturan. Walaupun dengan benturan kecil sekalipun namun tetap ada bekas penyok. Seperti LG G3 versi RAM 2GB milik saya, karena banyak bekas goresan dan ada penyoknya hanya laku di harga 4,5 juta. Sedangkan yang versi RAM 3GB juga terdapat 2 buah penyokan yang tidak begitu terlihat, namun karena tidak 100% mulus maka hanya laku terjual di harga 6,1 juta rupiah itu pun karena pembelinya mau memperhitungkan bonus-bonusnya (3 batere, desktop charger, 3 softcase, 1 hardcase) yang kalau ditotal mencapai 800 ribuan lebih. 
  2. Terkadang terasa panas saat dimasukkan ke dalam kantong. Hal ini berkaitan dengan penangkap sinyal GSM yang lemah saat berada di kantong sehingga membuatnya terasa panas karena betere bekerja berlebihan saat mencari sinyal. 
  3. terkadang terasa lemot karena belakangan saya ketahui bahwa resolusi yang besar ternyata memakan RAM yang besar pula, jadi kalau mau dibandingkan Resolusi 1440p dengan RAM 3GB mirip dengan penggunaan RAM 1GB pada layar 720p. Kurang lebih seperti itu. 
Demikian review singkat dari saya. Jangan lupa follow twitter saya @benynem atau Google+ untuk mendapatkan link update selanjutnya... 










Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget