2015

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling banyak pengunjungnya, baik itu wisatawan maupun para pelajar, dari berbagai wilayah nusantara maupun mancanegara. Dari fakta tersebut maka tidak heran belakangan ini mulai menjamur bisnis kuliner di Kota Jogja yang memiliki prospek yang menjanjikan. Dari tempat makan serius hingga tempat nongkrong untuk sekedar minum dengan menu yang ringan. Dari usaha kuliner besar hingga yang sekedar buka usaha untuk mengadu nasib. Secara gampangnya sih bisa dibilang kalau buka usaha Kuliner di kota Jogja itu asalkan harganya murah dan rasanya lumayan, sudah pasti laku. Atau memiliki modal bagus, tempat strategis, dan ide kreatif, sudah pasti sukses. Keadaan itulah yang dimanfaatkan sebagian besar usahawan kecil, menengah, maupun usahawan besar untuk berlomba-lomba membuka usaha kuliner di kota Jogja, sehingga hampir di seluruh penjuru titik di kota jogja penuh dengan tempat kuliner. Sebetulnya nggak sepenuhnya benar sih... Saya pernah mencoba membuka kuliner Sate Jangkrik, saya jualnya udah murah lho... lokasinya juga sangat strategis, dan rasanya... menurut saya sih enak dan gurih... Tapi peminatnya cuma sedikit, kurang laku... Sebelum akhirnya saya jualan Soto Bekicot, yang juga kurang laku...

Berikut ini adalah sebagian tempat Kuliner di Kota Jogja yang pernah saya kunjungi, dari yang tempatnya besar hingga yang cuma emperan, dari yang lokasinya strategis hingga yang lokasinya tersembunyi, dari yang rasanya enak hingga yang enak sekali, dari yang udah pernah kamu coba hingga yang belum...
Silahkan klik saja Pada Nama Kulinernya pada daftar di bawah ini...

Klik Pada Salah Satu Kuliner Di Bawah Ini Untuk Mendapatkan Keterangan Dan Peta Lokasinya:

1. Tahu Tek Cak Hasan

2. Swike Asli Purwodadi

3. Rujak Muaro Khas Padang

4. Lesehan Maharani

5. Sego Abang Belut Lombok Ijo "Bu Murni"

6. Bakso Kota Cak Man Asli Malang

7. Bakso Gress Galeria Mall

8. Ayam Goreng Hayam Wuruk, Spesialis Ayam Tulang Lunak

9. Lesehan Aldan

10. Rumah Makan Bungong Jeumpa

11. Sate & Tongseng Petir "Pak Nano" Bantul

12. Es Teler 77

13. Sate Sapi Jalan Imogiri

14. Milas Cafe, Garden Resto Vegetarian Food

15. Rumah Makan Miroso

16. Nasi Goreng, Magelangan, Mie Goreng (Rebus) Pak Tua

17. Wedhang Ronde Klaten

18. Sate Ayam Podo Moro

19. Sate Kambing Muda Tambak Segaran Asli Solo

20. Sate Padang Depan Superindo Seturan

21. Soto & Bakso Rusuk "Samson"

22. Soto Mbah Saleh

23. Siomay Kang Is 1512

24. Siomay & Batagor Kang Ujang

25. House Of Raminten

26. Ketoprak (Toprak) Jakarta "Pak Mus" Depan RS Panti Rapih

27. Lotek. Gado-gado, Soto "Bu Yanti" Wates

28. Pempek Nyonya Kamto

29. Pempek Wong Kito Watulunyu Wates

30. Pempek 16 Ilir (Food Court di Jogja City Mall)

31. Pempek Mbak Ambar

32. Brongkos Ayam Handayani

33. Gudeg "Bu Sri" Wirobrajan

34. Rumah Makan Boyong Kalegan


Lhah... Kok cuma 34, katanya 100...    Sabar, saya lagi agak sibuk nih, banyak Job motret wedding. Nanti saya update lagi kelanjutannya... jangankan kok cuma 100, malah bisa 1000 lebih karena masih ada jutaan tempat kuliner di Kota Jogja yang belum sempat saya kunjungi... Atau barangkali para Ngilers punya rekomendasi tempat kuliner faforit di kota Jogja dan sekitarnya, tinggalkan pada kolom komentar, akan saya kunjungi dan saya tambahkan dalam update berikutnya. Terimakasih... 

Selat Solo "Samson"

Sate Petir "Pak Nano" Bantul

Sate Ayam Podo Moro

Pempek Ny. Kamto

Lotek "Bu Yanti" Wates

Siomay "Es Teler 77"

Udang Saus Asam Pedas "Boyong Kalegan"

Ayam Goreng Sambal Bawang "Lesehan Aldan"

Bakso Kota "Cak Man" Asli Malang

Tempe Telor Sambal Mentah "Lesehan Maharani"

Tahu Tek "Cak Hasan"

Saya mengenal makanan tahu tek saat berkunjung ke rumah saudara saya di Surabaya (sekitar tahun 205). Pertamakali mencicipi tahu tek, saya langsung terkesan, sekaligus sedih karena di Jogja gak bakalan ada yang menjual jenis makanan seperti ini. Namun akhirnya, sekitar tahun 2010 saya menemukan penjual Tahu Tek yang lokasinya di dekat RS Ludira Husada Jln HOS Cokroaminoto, namun beberapa waktu kemudian penjual Tahu Tek yang menggunakan media gerobak dorong tersebut sudah tidak mangkal di situ lagi, denger-denger sih emang sudah berhenti berjualan. Sayang sekali, padahal Tahu Teknya enak... Beberapa waktu kemudian secara tidak sengaja saya menemukan kembali penjual Tahu Tek yang lain, yaitu di dekat Pom Bensin Jalan Letjen Suprapto. Namun sayangnya penjualnya hanya buka di malam hari...
Dan pada akhirnya, di penghujung tahun 2014 saya beruntung menemukan Tahu Tek Cak Hasan di dekat Mirota Godean, beruntungnya lagi, Warung Tahu Tek Cak Hasan tidak hanya menyediakan menu Tahu Tek, melainkan juga ada menu-menu lain yang sekaligus juga merupakan makanan kesukaan saya seperti Rujak Cingur, Tahu Campur, dan Lontong Balap yang semuanya adalah khas Jawa Timur. Saya sudah mencoba semuanya... Rasanya bener-bener enak. Tapi yang jadi menu faforit saya tetaplah Tahu Tek...
Tahu Tek memiliki komposisi irisan Tahu Goreng Empuk, Lontong (atau Ketupat), Touge, Telur Gimbal dan Kerupuk. Adapun sambalnya memiliki bahan campuran petis... Apabila Anda mau mencoba, cobalah capai 1 atau 2 terlebih dahulu... itu adalah takaran yang pas untuk manusia normal pada umumnya... Jangan seperti saya, saya selalu pesan pakai cabe 7, penjualnya pun geleng-geleng dan melongo. Tapi karena pembeli adalah raja, maka tetap dibikinkan. Dan sejak itu setiap saya makan di situ penjualnya sudah hafal kalau saya maunya pakai cabe 7. Jangan ditiru ya, soalnya saya termasuk tidak normal....
Menu tahu tek di warung ini disajikan benar-benar fresh. Tahu dan telor gimbal mulai digoreng hanya saat ada pembeli yang pesan. Sehingga kalau kita makan Tahu Tek di sini selalu mendapatkan Tahu Tek yang masih hangat. 
Soal rasa... tak usah diragukan lagi... Cak Hasan bersama istrinya sepertinya sudah berpengalaman dalam urusan bumbu makanan Jawa Timuran...
Nah, dari pada ngiler melihat foto-foto di bawah ini, silahkan para Ngilers mencoba sendiri Tahu Tek dan Menu Lainnya...
Peta Lokasi bisa di lihat di bagian bawah artikel ini...

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Tahu Tek Cak Hasan

Daftar Menu Tahu Tek Cak Hasan

Lokasi Kuliner Tahu Tek Cak Hasan Daslam Peta


Kuliner Jogja

Swike Purwodadi ini hanya buka pada malam hari di depan sebuah emperan toko yang sudah tutup di malam hari. Tepatnya di jalan Diponegoro Jogja (Lihat pada peta di bawah), di depan Toko Perlengkapan bayi "Kin Kin" agar ke timur.
Warung Swike ini menyediakan aneka menu swike seperti: Swike Kuah, Swike Goreng Tepung, Swike Goreng Mentega, Tongseng Swike, Swike Lombok Ijo, dan beberapa menu lainnya. Harganya bisa Anda lihat pada foto daftar menu di bagian bawah artikel ini. 
Warung ini sering terlihat ramai dan Anda harus antri cukup lama apabila memesan menu Swike olahan. Nah, saran saya, apabila Anda sedang terburu-buru, pesanlah menu Swike Kuah karena memang sudah tersedia siap saji... Sementara menu Swike Goreng dan yang lainnya harus menunggu diolah terlebih dahulu...
Selamat Mencoba...

Swike Purwodadi

Swike Kuah

Swikee Kuah

Swike Kuah Asli Purwodadi

Swike Kuah

Daftar Menu Swike Kuah

Lokasi Kuliner Swike Purwodadi Dalam Peta


Kuliner Jogja


Instagram: benKLIK
Saya adalah orang yang gemar sekali makan rujak. Dan Rujak Muaro ini adalah salah satu rujak faforit saya. Karena memiliki resep rahasia yang membuat rasanya beda dari kebanyakan rujak yang lainnya. Rujak Muaro memiliki tempat jualan yang portable. Menggunakan gerobak dorong dan tenda bongkar pasang sebagai media jualan. Rujak Muaro ini buka di siang hari hingga sore hari. Pelanggannya cukup banyak sehingga kadang saya harus antri beberapa puluh menit hingga satu jam. Menu yang tersedia bukan hanya rujak, tatapi ada juga lotis yang bumbunya juga khas. Harga tiap porsi (kalau belum naik) baik rujak maupun lotis adalah Tujuh Ribu Rupiah...
Nah, buat para ngilers yang penasaran dengan rujak spesial ini, silahkan mampir dan nikmati sendiri sensasi sambalnya. Rujak Muaro ini lokasinya ada di Jalan D.I. Panjaitan, Selatan Alkid. Dari Pempek Mbak Ambar masih ke selatan sekitar 20 meter. Lokasi tepatnya silahkan lihat pada peda di bagian bawah.











Lokasi Kuliner Rujak Muaro Dalam Peta


Kuliner Jogja

Saya berlanganan makan di Lesehan Maharani sudah dari tahun 2004 pas masa-masa sekolah. Alasan utamanya karena aneka menu makanan di situ sangat murah, cocok buat kantong anak sekolahan, selain makanannya yang enak tentunya. Pada waktu itu setiap makan di situ saya cukup membawa uang 5 ribu rupiah sudah bisa bikin perut kenyang. 5 ribu rupiah udah dapet Nasi, Tahu Tempe, Sayur Asem, dan teh anget. Kadang saya nambah menu telor dadar special yang harganya cuma 1.500 rupiah. Namun belakangan barulah saya menyadari ternyata daya tarik Lesehan Maharani bukanlah di harga, melainkan Menu makanan dan sambalnya yang unik yang tidak saya temukan di tempat lain.. Ya, keistimewaan Lesehan Maharani adalah sambalnya yang khas, yaitu sambal mentah, lebih tepatnya dalah sambal tomat dengan bumbu terasi, yang semuanya mentah. Rasanya? Hmmmm... mantab tiada duanya, silahkan para ngilers lihat pada foto di bawah ini, pada para ngiler semuanya.. :D..
Aneka menu lauk yang tersedia di Lesehan Maharani antara lain, Tahu, Tempe, Telor, Nila, Bawal, Ayam, Sayur Asem, Lalapan, dan lain-lain. Semuanya enak... Mungkin di tempat lain juga menyediakan menu yang sama enaknya, akan tetapi kenikmatan sambelnya yang khas hanya ada di sini. Dan ada menu khusus yang jadi faforit saya, yaitu telor gimbalnya, dimasak sedemikian rupa hingga rasanya sangat menyatu dengan sambal tomatnya. Selain itu, Ayam Gorengnya juga terasa renyah, sangat pas dengan sambalnya...
Nah, daripada cuma ngiler, silahkan para ngilers mencoba sendiri. Lesehan Maharani ini lokasinya di Jl. Melati Wetan dekat RS Happyland. Lokasi tepatnya bisa dilihat pada peta di bawah ini...

Sambal Mentah Lesehan Handayani

Sambal Tomat Mentah Terasi

Lokasi Lesehan Maharani dalam Peta


Kuliner Jogja

Lokasinya tepat di seberang jalan depan Soto Mbah Saleh. Rumah Makan Bu Murni ini menyediakan aneka menu  lauk pauk dan sayuran. Namun yang menjadi andalan adalah menu Sego Abang (Nasi Merah) dan Belut Lombok Ijo (Belut bumbu Cabe Hijau). Nasi merah merupakan makanan pokok yang memiliki nutrisi yang tinggi namun rendah kalori, sehingga menyehatkan dan sangat cocok bagi penderita diabetes melitus. Sedangkan Belut Lombo Ijo disajikan secara teriris, diberi toping cepukak (sejenis terong kecil bulat berwarna hijau) yang rasa pahitnya menjadi perpaduan yang pas dengan rasa daging belut. Belut memiliki tulang keras bercabang sehingga butuh teknik khusus untuk memakannya agar bisa menjangkau semua dagingnya. Saat pertama kali makan irisan belut, saya memakannya dengan cara yang salah, saya memasukan belut ke mulut dengan posisi belut searah dengan rongga mulut, ini adalah cara makan yang umum dilakukan manusai, sama halnya ketika makan sosis, makan es lilin, makan frencfries, kita cenderung memasukkan bagian memanjang searah dengan rongga mulut. Sehingga ketika saya makan belut dengan cara ini, daging belut tidak seluruhnya termakan, masih menyisakan banyak bagian pada tulangnya yang tidak kita makan. Cara makan irisan belut yang benar adalah, menyilang, seperti posisi sikat gigi saat Anda menggosok gigi. Lain kali akan saya update foto ilustrasinya.
Nah, sambil menunggu, silahkan para ngilers mencoba dahulu. Silahkan mampir saat lewat Rumah Makn ini...





Lokasi Kuliner Sego Abang Belut Lombok Ijo

Kuliner Jogja


Mungkin bagi para Ngilers (pemburu kuliner) yang sering jalan-jalan di Jogja City Mall sudah tidak asing lagi dengan bakso yang satu ini, atau mungkin malah sudah sering makan di sini. Nah, bagi yang belum silahkan Anda mampir dan nikmati sendiri bakso asli dari Kota Malang ini yang memang sudah terkenal enak. Venue bakso ini adalah satu-satunya spot kuliner yang buka saat awal-awal Jogja City Mall diresmikan (selain Soto Mbok Giyem di depan Hypermart), sehingga mau tidak mau para pengunjung harus mampir ke spot bakso ini karena tidak ada pilihan yang lain. Namun ternyata, perkenalan dengan Bakso Cak Man ini meninggalkan kesan yang sempurna, ini adalah salah satu bakso paling enak yang pernah saya makan. Asiknya lagi, ada banyak pilihan bakso yang bisa kita pilih, mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso pedas, bakso goreng, bakso kasar, tahu goreng, bakwan goreng, bakso isi telor, mie, ketupat, siomay, dan beberapa macam lainnya. 
Soal harga... ya bisa dibilang pantas lah untuk ukuran sekelas Mall, apalagi baksonya berkualitas, bukan bakso asal-asalan... Sebagai gambaran harga, silahkan lihat pada foto struk di bagian bawah... 
Trus... Kalau ngambil yang kira-kira ya, kadang saking bernafsunya (melihat aneka makanan enak) trus ngambilnya kebanyakan. Untuk ukuran manusia normal paling tidak cukup 10 ribu hingga 20 ribu sudah kenyang. Kalau pada struk tersebut terlihat over, itu karena saya termasuk manusia yang tidak normal.... :D ... 

Bakso Kota Cak Man Asli Malang

Bakso Kota Cak Man Asli Malang

Struk Bakso Kota Cak Man Asli Malang

Lokasi Kuliner Bakso Kota Cak Man


Kuliner Jogja

Pertamakali kenal Bakso Gress ini ketika masih buka cabang di depan Pura Wisata (sekarang sudah tutup), dan pada waktu itu (sekitar tahun 2007) saya masih tinggal di Selatan Alkid, sehingga saya sering lewat dan mampir (dulu namanya Bakso Grez). Saya sudah terpesona sejak pertama kali mencobanya. Pada waktu itu harganya sekitar 7 ribu rupiah per porsinya. Cukup murah karena hanya selisih seribu rupiah dari harga bakso pada umumnya yang rata-rata masih di harga 5 ribuan. Pikir saya, selisih 1000 rupiah ya mending beli Bakso Grez ini lah karena biarpun harganya beda dikit tapi dalam hal rasa bedanya sangat jauh... Ya... bakso Grez ini adalah pertama kalinya saya menemukan bakso enak di kota Jogja. Rasa baksonya yang segar, rasa kuahnya yang pas dan mantab, serta sambalnya yang sangat cocok, bikin saya tetap berlangganan hingga saat ini.
Bagi para ngilers yang ingin mencicipi bakso ini, bisa mampir ke FoodCourt Galeria Mall depan RS Panti Rapih. Setahu saya bakso Grez ini tidak buka cabang dan hanya ada di Galeria Mall. 
Kini para ngilers bisa memilih sendiri macam-macam baksonya, mau bakso, pangsit, mie, tahu, tinggal ambil sendiri secukupnya. Juga tersedia menu soto yang rasanya Joss buanget... dimakan pake sate kerang lebih Joss lagi... Pada foto di bawah ini, ada 2 porsi bakso, 1 porsi soto, dan 1 buah pangsit, itu saya sendiri yang makan.... :) 






Kuliner Jogja


Ayam Goreng Hayam Wuruk adalah Rumah Makan spesialis Ayam Tulang Lunak yang pastinya adalah Ayam Kampung yang berkualitas. Namanya ayam tulang lunak, sudah pasti tulangnya bisa dimakan, dan rasanya memang renyah dan mengandung kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. 
Ada berbagai menu ayam olahan, di antaranya Ayam Goreng, Ayam Bakar, Ayam Krispi, dan Ayam Bumbu. Tersedia juga aneka menu sayuran seperti Ca Kangkung dan Sayur Asem. Minuman yang disediakan pun termasuk lengkap, mulai dari teh, jeruh, cincau, hingga kelapa...
Sementara menu faforit saya di Rumah Makan ini adalah Ayam Iris Pete, Nasi Uduk, Sayur Asem, dan Sambal Mangga. Dilengkapi dengan Es Cincau Kelapa sebagai penutup.
Di Rumah Makan ini terkadang juga ada promo, misalnya setiap hari Rabu harga Bubur Ayam menjadi 5 ribu rupaih dari 11 ribu rupaih...
Soal rasa... Saya  jamin, semua masakannya berkualitas dan memiliki citra rasa yang tinggi. Saya sudah mencoba hampir semua menu masakan di Rumah Makan ini. Ayam bakar, ayam goreng, ayam iris pete, ayam Cabai Hijau, benar-benar mantab... Saya makan semuanya termasuk tulang-tulangnya yang renyah hingga tak tersisa. Sayur Asemnya segar sekali... Nasi uduknya sangat terasa sekali bumbunya. Dan sambal mangganya sangat mantab...
Silahkan para Ngilers mencoba sendiri berbagai menu di rumah makan ini. Soal harga tidaklah begitu mahal, walaupun juga tidak murah. Yang jelas sih harga aneka menu di Rumah Makan ini sangat sesuai dan masuk akal lah, sebanding dengan kualitas makanannya...
Para Ngilers bisa mampir di cabangnya yang berada di Ambarukmo Plaza lantai Basement. Ada juga di sebelah selatan Mirota Kampus...

Ayam Bakar Tulang Lunak, Nasi Uduk, Sambal Mangga


Ayam Goreng Hayam Wuruk

Ayam Tulang Lunak Iris Pete

Ayam Goreng Krispi Hayam Wuruk

Sayur Asem Hayam Wuruk


Kuliner Jogja

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget