Pentingnya Fotografi Profesional

   Di era modern seperti saat ini kehidupan manusia dimudahkan oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat. Salah satunya adalah teknologi fotografi digital. Bila 20 tahun lalu mungkin kamera adalah barang yang esklusive, hanya fotografer profesional maupun orang yang betul-betul memiliki kemampuan teknik fotografi dan uang lebih lah yang memiliki sebuah kamera yang pada waktu itu masih tergolong sulit untuk dioperasikan dan tergolong mahal (juga masih menggunakan klise).
   Nah, barulah ketika kamera pocket mulai muncul di pasaran, orang-orang awam berbondong-bondong membelinya untuk foto kebutuhan sehari-hari karena kamera jenis ini lebih mudah dioperasikan dan setting kamera yang serba instan dan otomatis. Beberapa tahun kemudian permintaan pasar akan kamera pocket semakin meningkat apalagi ketika
dunia digital sudah merambah ke kamera. Kemudian pasar mulai kebanjiran berbagai produk kamera pocket digital dengan teknologi yang semakin canggih, dan juga fitur yang semakin kaya, yang tentunya membuat kamera tersebut sangat mudah dioperasikan bahkan oleh orang yang belum pernah memegang kamera sekalipun. 
   Dan sejak saat itu, fotografi sudah bukan sesuatu exclusive lagi karena hampir semua orang bisa mengabadikan berbagai moment setiap waktu. Bila sebelumnya memotret hanya dilakukan di saat-saat acara penting atau di saat berwisata. Ditambah lagi ketika teknologi kamera digital mulai serius merambah ke ponsel sehingga saat ini sudah banyak kamera ponsel yang berkualitas tinggi yang setara dengan kamera pocket. Sehingga foto sudah merupakan hal yang biasa dilakukan setiap saat. Di saat duduk-duduk santai, di saat makan di cafe, di saat perjalanan, bahkan di saat tiduran di kamar. Dari mulai anak SD hingga lansia sekarang sudah terbiasa berfoto menggunakan ponsel ataupun kamera pocket. Bahkan sudah ada pula sebagian besar yang menggunakan kamera DSLR profesional dengan sedikit belajar fotografi dasar sehingga sudah sedikit mahir menggunakannya walaupun ada juga yang menggunakan kamera DSLR dengan setting Auto agar mudah dioperasikan seperti kamera pocket.
   Dengan semakin banyaknya pengguna kamera, baik itu kamera ponsel, kamera pocket, maupun DSLR, maka hal tersebut telah merubah paradigma sebagian orang terhadap Fotografi Profesional. Mereka merasa tidak perlu menggunakan jasa Fotografer Profesional dan lebih mempercayakan kepada saudara atau teman untuk memotret berbagai acara, menggunakan kamera ponsel atau kamera pocket biasa, maupun kamera DSLR. Toh hasilnya juga sama saja...Yang penting ada dokumentasi buat kenang-kenangan... 
   Anggapan tersebut sih boleh-boleh saja, dan menurut saya sih memang benar, kalau kita punya saudara atau teman yang bisa motret, apalagi kalau punya kamera DSLR, bisa kita mintai tolong untuk memotret, walaupun dia bukan seorang fotografer profesional, tapi kalau udah bisa motret, pasti hasil fotonya bagus, tajam, cerah, dan tidak kabur. Jadi tidak ada salahnya... 
   Tapi perlu dicatat bahwa sebuah produk foto yang berkualitas itu tidak hanya dilihat dari ketamanan dan kecerahan saja. Seorang fotografer profesional lebih memiliki kepekaan terhadap efek story yang disampaikan, maka dia akan lebih tepat dalam mempertimbangkan berbagai parameter lainnya seperti angle yang lebih tepat, timing yang lebih tepat, exposure yang lebih tepat, sehingga diperoleh hasil foto yang lebih dramatis dengan nuansa cerita. Seorang fotografer profesional juga lebih tahu moment apa saja yang perlu diambil agar memperoleh jalan cerita. Lebih baik mengambil sedikit foto yang sangat presisi dengan hasil yang dramatis dan bernuansa cerita daripada terlalu banyak jeprat jepret dengan tujuan agar lebih banyak yang didokumentasikan yang penting hasilnya tajam dan cerah.
   Foto bukan hanya sekedar dokumentasi. Sebuah foto yang bisa mewakili banyak hal untuk disampaikan lebih baik daripada beberapa foto yang menyampaikan 1 hal yang sama. Beberapa puluh tahun yang akan datang ketika Anda melihat foto kenangan yang diambil oleh fotografer profesional, Anda akan terbawa hanyut oleh kenangan masa lalu, padahal Anda hanya melihat sebuah foto, namun imaginasi Anda sudah melayang kemana-mana. Anda tidak bosan-bosan berlama-lama mengamati foto tersebut. Saat itulah Anda kembali tersadar bahwa hasil karya foto seperti itulah yang membedakan antara fotografer profesional dan fotografer amatir. Di sisi lain, sepuluh tahun mendatang, ketika Anda melihat sebuah foto yang mengingatkan Anda kepada sebuah kenangan yang penting, namun Anda merasa foto itu kurang menarik sehingga Anda harus mengingat-ingat dengan susah payah kejadian pada foto tersebut, dan Anda bergumam, foto ini viewnya kurang pas, ada yang tidak kelihatan, ada yang kurang detail, moment dan timing kurang mengena, dll... walaupun hasilnya tajam dan cerah, namun Anda kurang tertarik mengamati foto tersebut karena tidak bisa membawa Anda terhanyut dalam imaginasi yang dalam, Anda justru lebih tertarik untuk memejamkan mata dan mencoba mengingat-ingat sendiri kejadian dalam foto tersebut. Nah, pada saat itulah Anda akan tersadar dan menyesal, mengapa dulu tidak menggunakan jasa fotografer profesional untuk acara penting dan mengesankan seperti ini. Dan perlu diketahui bahwa hasil foto yang tajam tidaklah sepenuhnya dibutuhkan, terkadang dalam keadaan tertentu dibutuhkan foto yang kabur sebagian dan tajam pada satu titik untuk mendapatkan Point of Interest. Dan hasil foto yang cerah juga tidak sepenuhnya dibutuhkan karena untuk keperluan tertentu terkadan dibutuhkan eksposure yang rendah (agak gelap) untuk memperoleh foto yang dramatis... Mengapa ini saya tekankan, karena berdasarkan yang saya alami, masyarakat awam kebanyakan menilai sebuah foto itu bagus apabila tajam dan cerah.
   Jadi, menurut saya sih boleh saja Anda tidak menggunakan jasa Fotografer Profesional apabila acara yang Anda selenggarakan hanyalah acara biasa dan sangat sederhana, seperti syukuran, ulang tahun, dll. Dan Anda hanya berniat untuk mengabadikannya, yang penting punya foto buat kenang-kenangan. Nah, kalau acara sakral dan besar seperti pemberkatan atau akad nikah, ini adalah salah satu acara yang sebetulnya wajib menggunakan jasa fotografer profesional. Anda hanya boleh tidak memakai jasa Fotografer Profesional apabila Anda memang betul-betul golongan yang tidak mampu.
   Namun demikian... Bagi sebagian orang lain, jasa Fotografer Profesional masih dianggap sangat penting. Mereka selalu menggunakan jasa fotografer profesional walaupun untuk acara-acara yang sederhana. Karena mereka sudah bisa membedakan hasilnya. Acara sesederhana apa pun apabila diliput secara profesional oleh orang yang berpengalaman maka acara tersebut akan disulap menjadi acara yang lebih berkesan dan exclusive yang kesemuanya itu tertuang pada hasil (foto maupun video). Karena semua kenangan dalam sebuah acara pada hari ini adalah harta yang tak ternilai harganya apabila dikenang kembali beberapa (puluh) tahun yang akan datang. Untuk itu jangan sampai salah dalam menentukan dokumentasi karena bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari.
   Namun ada satu kendala untuk menggunakan jasa fotografer profesional, yaitu biaya. Mengingat fotografi (apalagi videografi) sudah identik dengan harga yang mahal. Itulah yang membuat sebagiam orang, khususnya yang kurang mampu, lebih memilih menggunakan dokumentasi seadanya. Hal yang bisa dimaklumi. Namun saat ini di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, banyak sekali penyedia jasa dokumentasi (foto dan video) untuk berbagai acara, yang menawarkan harga yang cukup murah dan sangat terjangkau, dengan hasil yang baik pula tentunya. Sudah pasti lah "Ada Harga Ada Rupa", semakin mahal harga paket tentu akan semakin banyak hal yang ditawarkan, misalnya peralatan (lighting, softbox, umbrela, dll) yang lebih lengkap dan lebih bagus (kalau paket murah mungkin hanya menggunakan lampu flash atau umbrela biasa), bentuk album foto dan pernak pernik yang lebih terlihat exclusive (kalau paket murah hanya dapat album biasa), jumlah foto yang dicetak lebih banyak, dan lain-lain. Tapi kalau dilihat dari hasil, baik yang murah maupun yang mahal, semuanya sama-sama bagus, perbedaanya mungkin hanya sedikit. Misalnya dalam hal detail, paket yang mahal pasti menggunakan kamera yang mahal sehingga hasilnya lebih detail daripada paket foto yang murah, namun perbedaan itu akan sangat terlihat jelas apabila foto dicetak dalam ukuran besar misalnya 24R. Kalau cuma dicetak ukuran standar 4R atau 5R, berbedaanya hanya sedikit bahkan mungkin tidak begitu kelihatan bedanya. Yang kedua, misalnya dalam hal pencahayaan. Tentu saja hasil dari paket yang mahal sedikit lebih unggul karena didukung oleh peralatan pencahayaan yang lebih lengkap dan lebih baik sehingga hasilnya lebih terkesan dramatis. Namun bukan berarti yang paket murah itu jelek pencahayaannya, sama sekali tidak. Bagi sebagian orang, hasil dari paket murah sudah cukup memuaskan bahkan sangat memuaskan. Dan bagi sebagian orang lain yang perfectionist, apalagi apabila memiliki dana yang lebih, tidak ada salahnya mengambil paket yang lebih mahal.
   Di antara banyaknya penyedia jasa dokumentasi di Yogyakarta, kami adalah salah satunya yang menyediakan paket foto dari harga yang murah hingga yang exsclusive. Kami melayani seluruh wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, juga melayani luar kota. Silahkan Anda lihat-lihat hasil kerja kami pada bagian galeri. Dan apabila menurut Anda memuaskan, sesuai dengan yang Anda cari, silahkan lihat pada bagian Paket Foto dan Paket Video, untuk melihat-lihat paket apa saja yang kami tawarkan. Dan silahkan dipilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, atau paket yang harganya terjangkau bagi Anda.
   Semoga Informasi ini bisa bermanfaat. Kami tunggu order dari Anda. Terimakasih......


Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget