HTC One X, Android Pertama Quad Core dan Ice Cream Sandwich Pertama HTC

HTC One X... 

Price : Rp. 6.500.000,-  ( Mei 2012 ) 

Awalnya saya tidak begitu minat untuk membeli HTC One X karena ada beberapa kekurangan yang menurut saya cukup riskan. Ditambah lagi harganya yang tinggi, setara dengan Samsung Galaxy S III yang memiliki fitur yang lebih lengkap. Namun dengan sedikit pertimbangan dan memperhitungkan kelebihan dari Smartphone ini, yang mungkin tidak dimiliki oleh smartphone lain, bisa menutupi kekurangannya, dan akhirnya saya pun tertarik untuk membelinya... Lalu apa saja kekurangan-kekurangan yang menurut saya fatal pada HTC One X ini? Dan apa saja kelebihannya? nanti akan saya uraikan lebih lanjut... 

Kesan Pertama 
Saat pertama kali memegang HTC One X, kesan pertama saya adalah mantap di genggaman. Ya.. layarnya yang 4,7" terasa pas di tangan, tidak terlalu besar dan tidak juga kecil. Desainnya sangat cantik. Namun pandangan kita agak terganggu dengan tonjolan kamera utama :

tonjolan kamera HTC One X

Namun hal tersebut terbayar dengan kualitas bidikan kamera 8 MP yang menurut saya cukup memuaskan. Ditambah lagi adanya fitur multi shot atau lebih dikenal dengan istilah Burst Shot, kita bisa mendapatkan foto dengan kualitas yang terbaik.

contoh hasil Burst Shot dari HTC One X

Dengan cara menahan tombol shutter camera (pada screen), maka kamera akan membidik secara berkali-kali (hingga 20x) selama kurang dari 4 detik. Dengan demikian dari 20 image hasil bidikan tersebut Anda dapat memilih beberapa di antaranya yang menurut Anda yang terbaik.

Yang Baru di HTC Sense Ice Cream Sandwich ( ICS )
Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan smartphone android, pasti sudah familier dengan tombol utama android, yaitu tombol "home", tombol "back", dan tombol "menu", bahkan ada juga tombol "search" di beberapa smartphone android lainnya. Nah, pada HTC One X ini ada perubahan drastis, awalnya saya sempat kebingungan menggunakannya karena tidak didapati tombol "menu" pada HTC One X ini (mungkin juga pada smartphone ICS lainnya), yang ada hanya tombol "back", tombol "home", dan sebuah tombol baru (nanti akan saya bahas). Dan ternyata... tombol "menu" disediakan pada layar (touch screen), sama seperti pada iPhone. Tombol "menu" pada ICS pada umumnya terletak di bagian paling bawah pada screen (touchscreen) atau tepat di atas tombol utama (fisik)

tombol "menu" HTC One X terdapat pada screen

namun terkadang juga terdapat di bagian atas screen, tergantung pada aplikasi yang sedang Anda gunakan.

tombol "menu" terdapat di bagian atas screen

Dan sebagai gantinya, disediakan sebuah tombol baru, yaitu tombol multi task. Fungsi dari tombol ini adalah untuk menampilkan aplikasi-aplikasi apa saja yang sedang kita buka, hampir sama dengan menahan tombol "home" pada OS sebelumnya. Namun bedanya pada HTC One X ini, aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan ditampilkan secara thumbnail, sehingga mempermudah Anda saat berpindah-pindah dari aplikasi satu ke yang lainnya...

tampilan multi task pada HTC One X



Kelebihan / Keunggulan HTC One X :
  1. Kekuatan Prosesor Quad-Core 1,5 Ghz Chipset Nvidia Tegra 3
  2. Layar Super IPS LCD2 4,7 incs dengan resolusi 720x1280
  3. BeatsAudio (fitur unggulan)
  4. Android OS 4 ( Ice Cream Sandwich)
  5. Storage Internal 32 GB, dan RAM 1 GB
  6. Kamera Utama 8MP dengan fitur Burst Shot (unggulan) dan kamera depan 1,3 MP
  7. Desain cantik
  8. Koneksi NFC
  9. Bluetooth 4
  10. SMS Threaded Wiew base on Contact (fitur ini hanya ada di smartphone HTC)
  11. Wifi, Hotspot, Radio FM, dll
Selain berbagai fitur canggih yang ditawarkan, ada dua fitur yang menjadi andalan HTC One X, yaitu Burts Shot (sudah saya bahas di atas) dan BeatsAudio... BeatsAudio ini akan aktif secara otomatis saat Anda memainkan musik dan beberapa jenis video menggunakan jack 3.5, baik itu headset, headphone, handsfree, maupun speaker portable, dan tidak dapat dinikmati apabila Anda menggunakan speaker internal maupun koneksi Bluetooth A2DP. Dengan fitur ini, suara dentuman (beat) yang dikeluarkan terdengar sangat mantap, sayangnya tidak disertakan headphone Beats pada paketnya, walaupun headset bawaannya tidak bisa dibilang jelek, namun akan lebih mantap apabila menggunakan heatset BeatsAudio, saya merekomendasikan headphone Beat yang dijual di pasaran seperti Monster Beats by dr. Dre. Dengan harga mulai 1,2 juta rupiah. Namun Anda juga bisa menggunakan merk lain sesuai selera Anda. 
Pada test kali ini saya menggunakan headphone Sennheiser, dan memang dentumannya terdengar sangat mantab, saya coba bandingkan dengan mencoba smartphone lain, dan boleh dibilang tidak ada apa-apanya. 


Kemudian saya coba pula menggunakan Speaker 7.1 Creative. Dan suaranya sangat mantab, justru seolah mengalahkan kualitas soundcard Soundblaster X-Fi Fatal1ty Champion milik saya...


Kekurangan / Kelemahan HTC One X :

  1. Baterai hanya 1.800 mAh untuk ukuran layar 4,7", walau tidak bisa dibilang mengecewakan. Cukup awet. namun seandainya 2.400 mAh tentunya akan lebih awet lagi.
  2. Fixed Desain, kayak iPhone, kita tidak bisa membuka casing secara sembarangan. Hanya ada 1 slot SimCard. Sehingga kita tidak akan bisa menambah asesoris seperti baterai yang lebih besar.
  3. Menggunakan Micro SIM Card, agak ribet bagi sebagian orang..
  4. Dan ini nih kekurangan yang paling parah, yaitu tidah ada Slot memory tambahan sepeti MicroSD. Walaupun memory internalnya sudah 32 GB namun bagi sebagian orang masih kurang. Apalagi pada Samsung Galaxy S III sudah support microSD 64 GB..
  5. Tidak support USB On The Go (OTG)... Tidak bisa membaca flashdisk. padahal fitur USB OTG sudah menjadi standar smarthphone saat ini, Samsung dan Nokia sudah melakukannya
  6. Tidak ada tombol khusus shutter kamera
  7. dll
Demikian dulu review dari saya, untuk lebih lanjutnya silahkan follow twitter saya @benynem , bila ada yang perlu ditanyakan lagi... Karena saya biasanya mereview singkat terlebih dulu melalui twitter, kemudian barulah saya buat secara keseluruhan di blog...


Foto-foto Lain HTC One X :

 Body Tipis


 Resolusi tinggi memungkinkan Anda dapat membaca tulisan kecil di web


BeatsAudio


Kemasan Model Baru HTC One X


Nilikin Case, salah satu asesoris yang telah tersedia di pasaran

Post a Comment

wahh reviewnya keren gan,..

seharicomp.com

bisa osb otg kok gan. tinggal update aja ke versi jelly beannya.

Iya betul, sekarang sudah bisa...
Itu reviewnya kan awal tahun 2012, nah pda saat itu belom bisa..
Sengaja tidak saya update postingannya... saya mempertahankan kenangannya.. biar orisinil sejak tulisan dibuat :D

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget