Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Google+ , Tips & Triks Menguasai Google Plus

Cara Mendaftar Google Plus

Mungkin Banyak Yang Sudah Tahu Tentang Google+, Tapi Banyak Juga Yang Belum Tahu .  Nah... Bagi Anda yang belum tahu... silahkan dibaca . . .

1. Mendaftar Google+ 

Saat ini Google+ masih dalam tahap pengembangan. Tidak semua orang bisa langsung registrasi Google+. Harus melalui proses invite oleh teman yang sudah menggunakan Google+ terlebih dahulu. Bagi Anda yang ingin di-invite, silahkan tinggalkan alamat email (gmail) Anda disini, atau mention ke twitter saya @benynem dengan mencantumkan alamat gmail Anda. Nanti akan saya invite secepatnya. Lalu... ketika Anda sudah menerima email invite dari saya, buka email tersebut, klik pada kotak "Join Google+", lalu lengkapi data registrasi Anda sampai Anda berhasil membuat akun Google+.

2. Yang Pertamakali Dilakukan 

Setelah Anda mempunyai akun Google+, langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengedit profil, tautan, foto profil, dan hal-hal lain yang sekiranya perlu. Ini penting untuk mempromosikan diri sebelum Anda menambahkan teman atau ditambahkan oleh orang lain. Sehingga profil Anda telah siap dan mulailah berinteraksi dengan pengguna Google+ yang lain. Untuk edit profil dan menambahkan foto profil saya kira Anda tidak akan menemukan masalah karena caranya cukup mudah. Namun untuk menambahkan tautan akun Anda yang lain, ada sedikit yang perlu diperhatikan. Saat menambahkan tautan akun Youtube, Anda tinggal konfirmasi saja, centang pada kotak yang tersedia. Lalu untuk menambahkan akun Twitter dan Yahoo, Anda hanya perlu klik dan login menggunakan username dan password Anda. Nah, untuk menambahkan tautan Facebook agak beda... Anda harus memasukkan link halaman Facebook Anda misalnya : facebook.com/benynem . Ingat, tanpa memakai http atau www , cukup facebook.com/username

3. Ketika Profil Anda Sudah Siap 

Ada 4 Tombol Menu Utama pada Google+ yang terletak persis di sebelah tulisan Google+ paling atas, yaitu tombol Home, Foto, Profil, dan Circle. Mulailah dengan mengklik tombol circle terlebih dahulu untuk mengatur pertemanan. Ketika sudah masuk ke halaman circle, saya sarankan agar Anda membuat beberapa circle standar Anda terlebih dahulu, misalnya: keluarga, teman kantor, teman SMU, kenalan, rekan bisnis. Anda buat secukupnya saja karena nantinya Anda bisa menambahkan/mengeditnya lagi di lain waktu. Bila Anda merasa sudah cukup dengan beberapa circle yang Anda buat, mulailah menambahkan teman.

4. Mengatur Pertemanan 

Mulailah menambahkan teman. bila Anda sudah cukup lama menggunakan layanan gmail, maka Google+ akan memberikan beberapa alternatif orang-orang yang pernah Anda hubungi melalui akun gmail Anda. Atau Anda juga bisa mengundang teman Anda yang belum bergabung dengan cara meng-invite mereka melalui email, selain itu Anda juga bisa menambahkan teman dengan memanfaatkan search, ketikkan nama orang yang Anda cari, lalu klik nama orang yang Anda maksud. Lalu Anda masukkan ke dalam circle yang telah Anda buat tadi sesuai dengan kategorinya dengan cara klik and drag (geser), Anda klik teman yang Anda pilih lalu geser ke circle pilihan Anda, prosesnya seperti copy-paste pada dua halaman Windows Explorer.
Catatan: Anda bisa juga memasukan satu orang ke dalam beberapa circle sekaligus, misalnya bila Anda adalah teman kampus saya, maka Anda bisa memasukan saya ke dalam circle "teman kampus" sekaligus circle informer/news/gadget/VIP. Silahkan Anda coba masukan saya ke dalam circle Anda melalui link berikut ini (gunakan PC): 

5. Memahami Aturan Main pada Circle

Mungkin Anda sempat bertanya-tanya bagaimana memahami cara kerja circle pada Google+. Apa yang terjadi bila kita menambahkan seseorang ke dalam circle, dan apa pula yang terjadi bila seseorang menambahkan kita ke dalam circle-nya. Akan saya bahas dalam paragraf ini.
Bagi Anda yang sudah terbiasa memanfaatkan fitur list pada Twitter, Anda tidak akan asing dengan cara main circle pada Google+, aturan mainnya hampir sama persis. Kalau di Twitter ada list I follow (kalau di Google+ adalah orang-orang yang kita masukkan dalam circle) dan list following me (kalau di Google+ adalah orang-orang yang memasukkan kita pada circle-nya)...
Dan kalau Anda masih bingung, berikut adalah penjelasannya lebih lanjut...
Bila kita menambahkan seseorang dalam cicle kita maka kita bisa mengikuti update dari orang tersebut dengan catatan orang tersebut pada saat update status, dia mencentang publik atau circle dimana kita dimasukan olehnya. Begitu pula sebalikanya, bila seseorang menambahkan Anda ke dalam circle-nya, maka dia bisa melihat setiap update dari Anda dengan catatan saat Anda update status, Anda mencentang Publik atau circle dimana Anda menempatkan dia.
Dengan fitur ini saya berpendapat bahwa kedudukan Twitter sebagai rajanya ocehan, bisa digantikan oleh Google+, apalagi dengan Google+ kita bisa memberi komentar dengan mudah dan langsung pada pokok bahasan juga dengan kalimat yang lebih panjang. Tidak seperti di Twitter yg menggunakan mention atau DM, dengan kalimat yang dibatasi, juga kadang kita sering bingung bila ada mention dari teman, mention tersebut menanggapi tweet yang mana.

6. Memahami Aturan Main pada Circle part 2

Apa yang terjadi ketika Anda update status? Apa yang teman Anda lihat ketika Anda update status? Berikut ini adalah penjelasannya.
Update status pada Google+ sedikit berbeda dengan Facebook, kalau di Facebook ada pilihan bagikan ke semua orang, dll. Nah, kalau di Google+ sebelum update status, Anda akan diberi pilihan untuk mencentang cirlcle mana saja, misalnya circle "teman dugem" dan circle "SPG Girl". Maka yang bisa melihat update status Anda hanyalah orang-orang yang Anda masukkan ke dalam circle tesebut. Hal ini berlaku pula untuk update foto, video, dan lokasi... Saya merasa fitur ini sangat efektif. Sebagai contoh, bila Anda update status seperti ini, "Ujian Kelar.. lega rasanya. besok malam Ndugem ahhh.. siapa yang mau join"... maka yang akan Anda centang mungkin circle "teman dugem" , Anda tidak mungkin mencentang circle "keluarga" atau "dosen".. Fitur yang cukup menarik bukan?.. Contoh lain, ketika Anda update lokasi di Bioskop pada jam sekolah / kuliah. Anda tentu hanya akan mencentang circle tertentu yang Anda rasa aman...

7. Fitur Lokasi

Ketika Anda akan update status, upload foto / video , atau update yang lainnya, Anda juga dapat memanfaatkan fitur lokasi. Google+ dapat mendeteksi keberadaan Anda dan menampilkan beberapa lokasi di sekitar Anda yang bisa Anda pilih. Semisal Anda akan update status seperti ini, "Sate Ayam di sini unik, ada tambahan rambut penjualnya." atau Anda akan mengupload foto sate ayam yang Anda makan (beserta rambutnya :D), maka dengan mencantumkan fitur lokasi atau cek in, Google+ akan menyertakan peta lokasi tersebut dalam status / foto Anda, sehingga memudahkan teman-teman Anda dalam menemukan lokasi tersebut. 
Anda juga bisa cek in di suatu tempat , disertai status (shout kalau dalam foursquare) , juga bisa disertai upload foto...
Ada keuntungan tersendiri ketika Anda Update status/foto/video dengan menyertakan fitur lokasi, yaitu ada kemungkinan teman Anda akan bertambah. Caranya : ketika Anda update menggunakan fitur lokasi, jangan lupa untuk mencentang share to "publik" selain ke circle Anda. Share to publik memungkinkan bagi para user Google+ lain untuk mengetahui keberadaan Anda, dan kalau ada yang suka dan ingin berteman dengan Anda, maka dia akan menambahkan Anda ke dalam circle-nya. Cara kerjanya seperti ini... Pengguna Google+ akan selalu mengakses Stream (nanti akan saya jelaskan pada bagian stream). Stream bisa berasal dari circle juga bisa berasal dari nearby yaitu siapa saja yang update di sekitar Anda, Anda bisa melihat updatenya walaupun belum masuk ke circle Anda. Jika Anda tertarik, Anda bisa menambahkannya ke dalam circle Anda.

8. Stream

Kalo di Twitter istilahnya ya timeline, kalo di Facebook ya istilahnya Wall. Tapi kalau Stream agak sedikit berbeda. Kalau di Facebook Anda bisa melihat update dari semua teman Anda, kalau di Twitter Anda bisa melihat update dari orang-orang yang Anda follow, Nah.. kalau Stream, update dari teman-teman Anda akan difilter , dipisahkan berdasarkan circle, tergantung circle mana yang Anda klik (pilih). Selain dari circle, Anda juga bisa melihat stream dari nearby, yaitu pengguna Google+ yang berada di sekitar Anda yang menggunakan fitur lokasi dan share ke publik pada waktu update status...

Saya kira itu dulu yang dapat saya jelaskan, nanti akan saya tambahkan lagi bila ada info terbaru, jangan lupa follow twitter saya di @benynem untuk update tercepat...
dan bila Anda suka dengan tulisan saya, review, tips & triks, tutorial, silahkan tambahkan akun Google+ saya ke dalam circle Anda melalui link berikut (Gunakan PC):

tips ++ : Anda akan selalu membutuhkan update/info dari orang-orang tertentu yang Anda anggap penting/perlu, untuk itu buatlah sebuah circle khusus, semisal news / informer / reporter / VIP / atau yang lainnya.. 
dan jangan lupa untuk memasukkan saya ke circle tersebut :))) hehehehehe....
thanks ;-)


Labels:

Post a Comment

ini emailnya min,
indra.ti.unikama@gmail.ti.unikama@gmail.com

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget