Kelebihan Google+ (Google Plus) Dibandingkan Facebook

Kelebihan Google+ (Google Plus) Dibanding Facebook

Mungkin waktunya tepat untuk mengulas Google+ saat ini. Walaupun banyak yang sudah tahu, namun banyak pula yang belum tahu.. Nah, bagi Anda yang belum tahu banyak tentang Google+ , berikut ada beberapa rincian kelebihan Google Plus dibandingkan Facebook: 

1. Google+ berada di bawah bendera Google, perusahaan raksasa yang memiliki berbagai layanan di berbagai bidang, seperti Youtube, Blogspot (blogger), gmail, Document, Calendar, Maps, Earth, Picasa, Latitude, Search Engine Google, Google Sky, OS Android, dan masih banyak lagi, sehingga ke depannya nanti fiturnya akan lebih kaya bila dibandingkan Facebook. 

2. Google+ telah siap digunakan untuk melakukan Chat Group, Anda bisa chatting dengan beberapa teman sekaligus dalam satu thread (seperti Group Chat pada Blackberry Messenger). Bila teman yang Anda undang sedang dalam status offline, maka dia tetap dapat membaca percakapan (thread) ketika online nantinya.

3. Google+ telah siap digunakan untuk melakukan panggilan telepon, video call, bahkan video converence hingga 10 user. Nantinya akan dikembangkan lebih banyak lagi hingga 20 user dalam video converence. Sementara itu Facebook masih menggandeng Skype dan Tinychat untuk mewujudkan video chat guna menyaingi Google+, namun hasilnya masih belum sempurna.

4. Pengaturan pertemanan pada Goggle+ lebih simpel dan efektif ketimbang Facebook, dan tentunya lebih menjamin privacy Anda. Anda dapat mengkategorikan teman-teman Anda ke dalam kategori tertentu (dalam Google+ disebut circle), misalnya: Keluarga, Teman SMU, Mantan Pacar, Teman Kantor, Fans, atau yang lainnya sesuai dengan keinginan Anda. 
Sering sekali email yang masuk ke saya menanyakan, "Bagaimana agar update status/foto kita (di Facebook) hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja sesuai yang kita inginkan?"... Walaupun bisa, tetapi langkah-langkahnya cukup rumit.. Nah... kini di Google+ Anda tidak akan mengalami kesulitan itu lagi. Hanya dengan 1 atau 2 klik Anda sudah bisa munentukan kepada siapa saja (circle mana saja) yang bisa membaca update status dari kita.

5. Memasukkan teman ke dalam circle, atau memindahkan teman dari satu circle ke circle yang lain dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Tanpa harus mengetik nama. Anda cukup melakukan klik and drag (geser). Klik pada nama/foto teman yang Anda inginkan lalu drag ke dalam cirlce yang Anda inginkan. Seperti proses copy - paste pada dua halaman Windows Explorer.
Anda bisa juga memasukan teman ke sebuah circle secara manual, seperti contoh: Anda klik link berikut ini, lalu Anda klik Add To Circle / Tambahkan Ke Lingkaran (Gunakan Komputer/Laptop/PC) : https://plus.google.com/u/0/117024521269477170264/posts

6. Google+ lebih privaci. Bila ada teman yang memberi tag nama kita pada fotonya, maka akan ada notifikasi persetujuan yang masuk ke kita, tinggal kita putuskan untuk menyetujui atau menolaknya. Kalau kita setujui maka tag foto kita akan segera ditampilkan di wall (dalam Google+ disebut Stream). Saya rasa ini sangat efektif.. misalnya saja ada kejadian di facebook, dimana salah satuteman kita ada yang iseng memberi tag nama kita pada sebuah foto yang kurang baik / tidak senonoh / yang akan memalukan kita. Nah, tanpa kita ketahui (bila kita tidak memasang notifikasi mobile), maka foto itu akan langsung muncul di wall kita dan dapat dilihat oleh semua teman kita. Walaupun kita bisa saja menghapusnya tetapi sudah terlanjur banyak yang melihatnya di wall kita, apalagi bila kita telat mengetahuinya, tentunya akan lebih memalukan lagi... Nah, hal tersebut tidak akan terjadi dalam Google+ .

7. Bila Anda punya akun Youtube dan Picassa, maka akan secara otomatis terkoneksi dengan Google+. Sehingga teman Anda juga bisa melihat video Youtube Anda dan Foto Picasa Anda melalui Google+. Tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan agar terkoneksi dengan akun-akun google Anda yang lain seperti Blogspot, Document, Calendar, Dll.

8. Pertumbuhan jumlah member Google+ sangat signifikan. baru 2 bulan saja sudah mencapai 10 juta user. Padahal baru dalam proses uji coba. Dan pendaftarannya pun masih dibatasi melalui undangan / invite . Bayangkan bagaimana nanti kalau sudah dirilis resmi ya...

9. Dll... Dan masih banyak lagi kelebihan Google+ lainnya.. tunggu di blog saya selanjutnya atau follow twitter saya @benynem untuk update secara realtime.

Baca juga kekurangan Google+ dibanding Facebook klik disini .


Labels:

Post a Comment

[facebook][blogger][disqus]

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/BENYN3M} {twitter#https://twitter.com/benynem} {google-plus#https://plus.google.com/+BenyKristiawan} {pinterest#https://www.pinterest.com/benynem} {youtube#https://www.youtube.com/benynem} {instagram#https://www.instagram.com/benynem}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by suprun. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget